Mau Pilih Lebih dari 2 Program Studi Jalur SNBT 2024? Begini Aturannya

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:47 WIB
loading...
Mau Pilih Lebih dari 2 Program Studi Jalur SNBT 2024? Begini Aturannya
Berbeda dengan tahun sebelumnya, siswa SMA, SMK atau sederajat yang mendaftar SNBT 2024 bisa memilih sampai empat prodi sekaligus. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Begini aturan untuk memilih prodi lebih dari 2 jalur SNBT 2024 yang perlu diketahui calon mahasiswa baru. Cara memilih program studi (prodi) di Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 harus diperhatikan dengan cermat.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, siswa SMA, SMK bisa memilih sampai empat prodi sekaligus di tahun ini. Untuk info lebih jelasnya, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Aturan Memilih Program Studi Jalur SNBT 2024


Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) memberikan aturan tersendiri bagi siswa saat memilih prodi. Siswa yang memilih lebih dari dua prodi, wajib memilih prodi jenjang D3 atau D4. Hal ini sebagaimana disebutkan panitia SNPMB, agar terjadi pemerataan akses pendidikan tinggi, baik perguruan tinggi akademik maupun vokasi.

Dilansir dari laman SNPMB, setiap peserta bebas memilih prodi di perguruan tinggi negeri (PTN) akademik, vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan. Hanya saja, siswa harus memperhatikan prodi yang dipilih apabila memilih lebih dari dua prodi. Jika memilih lebih dari dua, maka pilihan prodinya wajib ada yang dari jenjang vokasi.


Berikut cara memilih prodi SNBT 2024:


1. Ketentuan memilih satu prodi



Jika kamu hanya memilih satu prodi saja, maka bebas memilih jenjang D3, D4, dan S1. Kamu juga bebas memilih di PTN manapun, baik PTN akademik, vokasi, atau PTKIN.

2. Ketentuan memilih dua prodi

Jika siswa memilih dua prodi, maka masih bisa bebas memilih prodi manapun dari jenjang D3, D4, dan S1. Misalnya, memilih dua prodi D3/D4 atau dua prodi S1.

Jika mau memilih campur antara vokasi dan S1, bisa dengan skema satu prodi D3 atau S1, bisa juga satu prodi D4 dan S1. Baca juga: Kisah Mulyoto, Mantan Kapolsek Jadi Maba S1 Tertua Berusia 61 Tahun

3. Ketentuan memilih tiga prodi

Kalau memilih tiga prodi, maka wajib memilih jenjang vokasi dan S1. Siswa tidak bisa memilih ketiga prodi jenjang D3/D4 saja atau semuanya prodi S1. Siswa bisa memilih antara dua prodi S1 dan satu prodi D3/D4, bisa juga dua prodi D3/D4 dan satu prodi S1.

4. Ketentuan memilih empat prodi

Khusus yang memilih empat prodi, minimal harus memilih satu prodi D3. Jadi kamu tidak bisa memilih dua prodi S1 ditambah dua prodi D4.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)