Mantapkan Ketersediaan Energi, PLTU 2 Amurang Diresmikan

Rabu, 03 Oktober 2018 - 22:45 WIB
Mantapkan Ketersediaan Energi, PLTU 2 Amurang Diresmikan
Mantapkan Ketersediaan Energi, PLTU 2 Amurang Diresmikan
A A A
AMURANG - Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2 Amurang 2x30 Mega Watt di Jalan Trans Sawsai Desa Tawaang, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) diresmikan untuk memantapkan ketersediaan energi di Sulawesi Utara (Sulut). Kehadiran PLTU 2 Amurang 2x30 Mega Watt diyakini akan membuat investor semakin nyaman.

"Salut kepada kementerian ESDM, PLN, investor, Pemkab Minsel yang sudah memperlihatkan kolaborasi yang luar biasa sehingga PLTU 2x30 MW ini bisa terwujud. Dampaknya rakyat, pemerintah dan investor akan semakin aman,n yaman dan betah di Sulut," ujar Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw saat peresmian bersama Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng di Minahasa Selatan (Minsel), Rabu (3/10/2018).

Terwujudnya PLTU 2 Amurang dinilai sebagai bukti sinergitas seluruh jajaran mulai dari jajaran kementerian, PLN dan pengusaha. Sulut bisa memiliki sumber energi listrik terbarukan. "Kita akan berusaha mencari sumber-sumber energi terbarukan lebih banyak dan pembangkitnya lebih bagus," ujarnya.

Sedangkan Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng mengutarakan, pemerintah terus mendorong penggunaan energi terbarukan untuk pengadaan daya listrik. “Target kita seluruh Sulawesi ini bisa terkoneksi sehingga tidak ada lagi persoalan energi listrik. Dan kita berusaha bisa menggunakan energi terbaru terbarukan. Khusus Sulawesi Utara porsi energi terbarukan sudah 45%,” tuturnya.

Sementara itu, Didik Mardianto, Kepala Devisi Konstruksi PLN Regional Sulawesi menambahkan, PLTU ini bisa mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak. Lebih dari itu bisa ikut meningkatkan daya mampu daya listrik di Sulut.

Turut hadir dalam peresmian itu, anggota DPR RI Bara Hasibuan, Moh. Romahurnuziy, Bupati Minsel, Euginia Christiany Paruntu, Dirut PT MDT Lee Seung Se, CEO of KOEN Lyu Hyang-reol, pejabat Eselon 2 dilingkup Pemprov Sulut dan tamu undangan lainnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3384 seconds (0.1#10.140)