Lawan Perang Dagang, China Akan Jual Obligasi AS Senilai USD3 Miliar

Jum'at, 05 Oktober 2018 - 05:26 WIB
Lawan Perang Dagang, China Akan Jual Obligasi AS Senilai USD3 Miliar
Lawan Perang Dagang, China Akan Jual Obligasi AS Senilai USD3 Miliar
A A A
BEIJING - Ketegangan perang dagang antara dua ekonomi besar dunia sepertinya masih akan terus berlanjut, ketika China berencana menjual obligasi Amerika Serikat (AS) miliknya senilai USD3 miliar. Beijing juga merayu investor asing pada saat tensi konflik perdagangan dengan AS semakin meningkat ditambah turbulensi pada pasar sahamnya sendiri.

Dilansir Wall Street Journal, jika rencana ini berhasil akan menjadi penjualan obligasi dolar kedua yang dilakukan China dalam setahun dan terhitung ketiga sejak 2004, silam. Departemen Keuangan China disebutkan telah mengutus selusin bank investasi China dan global untuk menangani penawaran dan berencana memasarkan sekuritas kepada investor mulai minggu depan.

China sendiri juga diterangkan, bermaksud menjual obligasi jatuh tempo dalam lima, 10 dan 30 tahun serta menjadi penerbit reguler utang negara. Penawaran ini muncul pada saat yang tepat bagi ekonomi terbesar kedua di dunia. Dimana pertumbuhan produk domestik bruto China sedang melambat dan laju investasi industri serta dalam proyek pekerjaan umum mulai menyusut tahun ini.

Di sisi lain AS telah menerapkan tarif tinggi senilai ratusan miliar dolar atas ekspor China dan mengancam bakal lebih banyak menerapkan bea masuk bagi produk-produk asal Negeri Asal Tirai Bambu -julukan China-. Sementara bursa utama China yakni komposit Shanghai telah mengalami penurunan sebesar 15% sepanjang tahun ini. Terlepas dari semua masalah itu, investor masih menganggap kelayakan kredit China sangat kuat.

Hal itu berkat cadangan mata uang asing yang kokoh dan surplus perdagangan yang besar. Mengikuti babak baru perang tarif tinggi antara China dan AS, komunitas bisnis terus memantau perkembangannya. Pada bulan Oktober 2017, negara mengeluarkan USD2 miliar dalam obligasi lima dan 10 tahun dengan suku bunga yang sedikit lebih tinggi dari apa yang dibiayai oleh Departemen Keuangan AS pada saat itu.

Meskipun peringkat kredit China adalah tiga hingga empat tingkat di bawah AS. Penawaran itu berkali-kali lipat oleh investor China dan asing. Hasil Treasury AS telah meningkat, mengikuti beberapa kenaikan suku bunga AS oleh Federal Reserve. Sedangkan harga obligasi China yang diterbitkan setahun lalu turun karena imbal hasil mereka naik.

Tetapi sekuritas yang jatuh tempo pada 2022 saat ini menghasilkan sekitar 3,2% menurut data Refinitiv, atau sekitar 0,2 poin persentase di atas Treasury yang sebanding — lebih dari 0,15 persentase poinnya yang tersebar setahun yang lalu. Obligasi 10 tahun yang diterbitkan China setahun lalu sekarang menghasilkan sekitar 3,5% atau sekitar 0,3 poin persentase di atas Treasuries sebanding, versus 0,25 persentase poin pada Oktober lalu.

Perusahaan Asia di luar Jepang telah menjual USD185 miliar dalam obligasi dolar AS sejauh ini pada 2018, yang kira-kira setengahnya berasal dari perusahaan China, menurut ANZ Research. Keseluruhan penerbitan utang korporasi di luar Jepang Jepang turun 17% dari tahun lalu.

"Sangatlah menguntungkan bagi China untuk melakukan penjualan obligasi pemerintah jangka panjang" sementara suku bunga jangka panjang masih relatif rendah menurut standar historis," kata Sanjay Guglani, kepala investasi Silverdale Funds di Singapura.

Selusin bank yang menangani penjualan termasuk Bank of China, China Construction Bank, Deutsche Bank, Goldman Sachs Group dan JPMorgan Chase, menurut memo untuk investor dilihat oleh The Wall Street Journal. Mereka berencana mengadakan pertemuan untuk investor utang di Hong Kong pada 9 Oktober, dan penjualan kemungkinan akan dimulai segera sesudahnya.

Sebagai informasi, saat ini China adalah negara asing pemegang obligasi pemerintah AS terbesar, dengan nilai USD1,9 triliun per Oktober 2017. Meskipun demikian, beberapa pengamat menyatakan bahwa manuver China ini cenderung terbatas seiring kebutuhan China untuk menjaga nilai tukar dan menjaga kestabilan likuiditas aset dolar.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1995 seconds (0.1#10.140)