Swasta Jadi Pilihan Pertama dalam Pembiayaan Infrastruktur

Selasa, 09 Oktober 2018 - 18:01 WIB
Swasta Jadi Pilihan Pertama dalam Pembiayaan Infrastruktur
Swasta Jadi Pilihan Pertama dalam Pembiayaan Infrastruktur
A A A
JAKARTA - Pemerintah kini menggunakan paradigma baru dalam hal pembiayaan infrastruktur dengan mengedepankan peran swasta dalam bentuk Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Dengan paradigma baru ini, keterlibatan pihak swasta dalam pembiayaan infrastruktur menjadi pilihan pertama sehingga tidak lagi mengandalkan APBN dan keterlibatan BUMN.

"Saat ini kita mengenalkan paradigma pembiayaan dengan desain pemerintah dan pihak swasta dalam perekonomian. Hal ini akan memberikan ruang dan membutuhkan kerangka kebijakan dan tata kelola yang sangat penting," ujar Sri Mulyani dalam siaran pers, Selasa (9/10/2018).

Meskipun KPBU sejauh ini telah menghasilkan banyak keuntungan, lanjut dia, Indonesia perlu tetap menemukan gagasan baru dalam pembiayaan pembangunan. Dalam kaitan paradigma baru pembiayaan itu, lanjut Sri Mulyani, pemerintah terus meningkatkan upaya membangun skema pembiayaan inovatif dan kreatif untuk memperkuat ketahanan fiskal Indonesia.

Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, terkait dengan paradigma baru pembiayaan infrastruktur, OJK memiliki komitmen dan mendorong perbankan serta Lembaga keuangan untuk kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembiayaan infrastruktur.

"OJK mendorong usaha komprehensif dalam mempromosikan pembiayaan infrastruktur dengan instrumen keuangan dan mengembangkan pasar yang lebih canggih," jelasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6640 seconds (0.1#10.140)