Jelang Arema vs Persebaya: Singo Edan Terluka Tatap Derbi Jatim

Sabtu, 23 Maret 2024 - 17:07 WIB
loading...
Jelang Arema vs Persebaya: Singo Edan Terluka Tatap Derbi Jatim
Tim Arema FC berlatih jelang laga Derby Jawa Timur melawan Persebaya Surabaya (Media Officer Arema FC / istimewa)
A A A
MALANG - Arema FC akan menghadapi Persebaya Surabaya di lanjutan Liga 1 2023 - 2024 . Laga ini menjadi penting bagi kedua tim, karena posisi keduanya masih tak aman di klasemen sementara Liga 1 hingga pekan 30 masih tak jauh dari zona degradasi.

Bahkan Arema FC pasca kalah melawan Persita Tangerang membuat posisinya terancam. Pasalnya tiga tim yakni PSS Sleman, Arema FC, dan Persita Tangerang, memiliki jumlah poin sama yakni 31. PSS Sleman sedikit lebih baik karena produktivitas gol, sehingga berada di posisi 14 klasemen, disusul Arema FC di posisi 15 dan Persita Tangerang di posisi 16, atau tim terakhir teratas dari zona degradasi.

Kondisi tim asal Malang pun sedang tak stabil. Dua laga terakhir Arema FC, meraih satu kali imbang melawan Bhayangkara FC dan sekali kalah melawan Persita Tangerang. Hal ini bisa mempengaruhi performa tim menjelang lawan Persebaya Surabaya.

Pelatih Arema FC Widodo Cahyono Putro menyatakan, bila kondisi tim memang sedikit lelah sebelum dikalahkan oleh Persita Tangerang. Serangkaian pertandingan dengan jadwal mepet sejak lawan RANS Nusantara, pada 22 Februari 2024 lalu jadi penyebabnya. Hasilnya di dua pertandingan terakhir, tim seolah kehabisan bensin.

"Setelah pertandingan kemarin (melawan Persita Tangerang) ada libur dua hari. Dan tentunya mereka main mulai latihan lagi, kemarin saya lihat mereka refresh lagi, masalah mentalitas saya kira nggak pengaruh, pemain tetap fight," ucap Widodo Cahyono Putro, seusai latihan pada Kamis malam (21/3/2024) di Malang.

Widodo mengaku, ada beberapa kesalahan yang perlu dievaluasi pasca laga melawan Bhayangkara FC dan Persita Tangerang, untuk menyongsong laga penting melawan Persebaya. Sorotan Widodo tertuju pada sistem pertahanan tim kebanggaan masyarakat Malang ini yang dinilai melakukan kesalahan di laga terakhirnya.

"Kami berharap mereka bisa meningkatkan individual, dan tentunya tim juga, serta kemampuan. Karena di dalam defense dan attacking perlu ada peningkatan, kesalahan kita pada posisi ketika defense," jelas pelatih asal Cilacap ini.

Tapi ia memastikan timnya tidak tertekan hebat pasca kekalahan melawan Persita di pekan 29 lalu. Makanya ia terus memotivasi pemainnya untuk bangkit melawan Persebaya, sama seperti memotivasi anak asuhnya ketika menghadapi tim-tim lainnya.

"Kalau itu (tekanan) kan wajar, sepak bola pasti ada tekanan, kalau kalah bagaimana, kalau menang bagaimana. Kita sudah terbiasa menghadapinya. Jadi saya kira pentingnya evaluasi," tukas pelatih berusia 53 tahun ini.

Arema FC sendiri bakal menghadapi Persebaya Surabaya di lanjutan Liga 1 musim 2023 - 2024. Pertandingan ini rencananya digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Rabu 27 Maret 2024 pukul 20.30 WIB mendatang.

Arema FC sendiri kini masih berjuang untuk lolos dari degradasi. Arema FC berada di posisi 15 klasemen sementara dengan torehan 31 poin, jumlah poin sama dengan Laskar Benteng Viola, julukan Persita Tangerang. Tapi Arema FC berhasil unggul produktivitas gol dari Persita.

Poin tiga tim yakni PSS Sleman, Arema FC, dan Persita Tangerang, yang masing-masing berada di posisi 14, 15, dan 16, memperoleh poin 31. Torehan poin Arema FC hasil dari 8 kemenangan, 7 hasil imbang, dan 14 kekalahan.

Sementara calon lawannya Persebaya Surabaya juga masih belum sepenuhnya aman. Tim kebanggaan masyarakat Surabaya ini berada di posisi 12 klasemen sementara, dengan torehan 36 poin. Persebaya meraih 8 kemenangan, 12 hasil imbang, dan 9 kekalahan dari 29 pertandingan dijalaninya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9904 seconds (0.1#10.140)