Menuju RBB BUMN 2024, Ini Perusahaan BUMN Sektor Logistik dan Jurusan Kuliah yang Banyak Dibutuhkan

Jum'at, 22 Maret 2024 - 09:13 WIB
loading...
Menuju RBB BUMN 2024, Ini Perusahaan BUMN Sektor Logistik dan Jurusan Kuliah yang Banyak Dibutuhkan
Menuju RBB BUMN 2024, Ini Perusahaan BUMN Sektor Logistik dan Jurusan Kuliah yang Banyak Dibutuhkan. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Sebagai referensi RBB BUMN 2024 yang kabarnya akan dibuka sebentar lagi setiap para pencari kerja seharusnya membekali diri dengan informasi berbagai sektor BUMN dan jurusan kuliah apa yang banyak dibutuhkan.

Menurut laman resmi FHCI BUMN, Rekrutmen Bersama BUMN atau RBB 2024 rencananya dibuka bulan Maret 2024. Kesempatan ini tentunya jangan sampai terlewat bagi yang bercita-cita untuk bekerja di perusahaan pelat merah ini.

Baca juga: Mau Daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2024? Ini Persyaratan Umum dan Link Daftarnya

Terlepas dari RBB BUMN 2024, alangkah baiknya jika mengetahui informasi tentang salah satu sektor BUMN yang nantinya akan membuka sejumlah lowongan.

Salah satu sektor yang mendapat cukup banyak perhatian dalam RBB BUMN 2024 ini adalah sektor logistik. Daftar perusahaan BUMN bidang jasa logistik di antaranya sebagai berikut.

12 Perusahaan BUMN Logistik


1. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)
2. PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)
3. PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)
4. PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)
5. PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)
6. PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero)
7. Perum Damri
8. PT Varuna Tirta Prakasya (Persero)
9. Perum PPD
10. PT Pos Indonesia (Persero)
11. PT Kereta Api Indonesia (Persero)
12. PT Industri Kereta Api (Persero)

Untuk dapat bekerja di BUMN bidang jasa logistik diperlukan sejumlah persyaratan yang perlu dipenuhi, salah satunya adalah jurusan kuliah yang sesuai.

Baca juga: 20 Contoh Soal Bahasa Inggris untuk Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan BUMN Sektor Logistik

1. Teknik Mesin


Bisa dibilang jika jurusan teknis jadi yang paling dibutuhkan dalam BUMN Sektor Logistik. Teknik mesin yang menguasai berbagai hal seperti konversi energi pada mesin-mesin ini akan sangat dibutuhkan sebagai teknisi baik di industri kereta api maupun pelabuhan.

2. Nautika


Lulusan jurusan kuliah ini secara spesifik akan sangat dibutuhkan dalam beberapa perusahaan BUMN seperti PT Pelabuhan Indonesia, PT Pelayaran Nasional Indonesia dan PT ASDP Indonesia Ferry. Ilmu Nautika adalah Ilmu/Studi yang berkaitan dengan seni dan sains tentang pengoperasian kapal (bagian deck kapal).

3. Teknik Perkapalan


Jurusan ini juga secara spesifik sangat dibutuhkan beberapa perusahaan BUMN yang bergerak di sektor perkapalan. Mengingat jurusan ini mempelajari seluk beluk yang berkaitan dengan kapal, dari perancangan hingga pengoperasian.

4. Teknik Informatika


Dalam era digital saat ini jurusan teknik informatika memang tengah banyak diincar. Lulusan jurusan ini nantinya ditempatkan untuk menjadi programer yang mengurus urusan website dan lain sebagainya yang berkaitan dengan teknologi digital.

5. Hukum


Lulusan jurusan hukum juga sangat dibutuhkan dalam perusahaan BUMN sektor logistik. Alumni hukum nantinya dapat diposisikan jadi staf legal karena menguasai ilmu mengenai aset perusahaan, surat perjanjian kerja dan berkas penting lainnya.

Baca juga: Siap-siap, Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Segera Dibuka, Berikut Jadwalnya

Selain beberapa jurusan yang disebutkan, sebenarnya masih banyak jurusan kuliah lain yang dibutuhkan BUMN sektor logistik, namun memang intensitasnya tidak terlalu banyak. Contohnya seperti akuntansi, ilmu komunikasi, teknik elektro, ilmu komputer, psikologi, dan masih banyak lagi.

Itulah sejumlah jurusan kuliah yang dibutuhkan BUMN sektor logistik. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi ketika hendak melakukan pendaftaran RBB BUMN 2024.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)