alexametrics

Trump Sebut The Fed "Gila" Karena Hobi Menaikkan Suku Bunga

loading...
Trump Sebut The Fed Gila Karena Hobi Menaikkan Suku Bunga
Presiden AS Donald Trump turun dari Air Force One memberi komentar kekesalannya tentang The Fed yang suka menaikkan suku bunga. Foto/Wall Street Journal
A+ A-
PENNSYLVANIA - Presiden Amerika Serikat Donald John Trump kesal dengan bank sentral negaranya, The Federal Reserve yang terus menerus menaikkan suku bunga, dimana berpotensi memperlambat pertumbuhan ekonomi dan menimbulkan gejolak di pasar saham.

"Saya pikir The Fed membuat kesalahan. Mereka membuat pengetatan kebijakan. Saya pikir The Fed sudah gila," ujar Trump setelah turun dari pesawat kepresidenan Air Force One menuju Erie di Pennsylvania, seperti dilansir CNBC, Kamis (11/10/2018).

Menurut Trump, sejatinya kenaikan suku bunga merupakan hal yang sudah lama ditunggu-tunggu untuk menggairahkan ekonomi. Namun, ia tidak setuju dengan cara The Fed yang terlalu sering dan terlalu cepat menaikkan suku bunga.

The Fed telah menaikkan suku bunga tiga kali pada tahun ini, dan akan menaikkan sekali lagi suku bunga sebelum tahun 2018 tutup kalender. FedWatch CME Group memberikan ekspektasi bahwa kenaikan suku bunga pada Desember memiliki tingkat probabilitas 76,3%.

Kenaikan suku bunga pada September lalu mendapat kritik dari Trump. Ketika itu, Trump khawatir pengetatan kebijakan monter yang terlalu cepat bisa memperlambat ekonomi. “Mereka (The Fed) tampaknya suka sekali menaikkan suku bunga. Kita tidak harus pergi secepat itu, kita bisa melakukan hal lain untuk meningkatkan uang,” katanya.

Kritik seorang presiden kepada The Fed merupakan jarang terjadi di Amerika Serikat, karena bank sentral merupakan lembaga independen. Dan beberapa pendahulu Trump, sebagian besar memilih diam mengenai arah kebijakan moneter dari bank sentral.

Selain kenaikan suku bunga acuan, imbal hasil obligasi (surat utang) pemerintah alias US Treasury bertenor 10 tahun juga terus meningkat, dan naik ke level tertinggi dalam lebih dari tujuh tahun.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak