alexametrics

KKP Bakal Kirim 48 Ton Ikan Sitaan ke Palu

loading...
KKP Bakal Kirim 48 Ton Ikan Sitaan ke Palu
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana mengirimkan ikan hasil sitaan ke wilayah bencana, khususnya ke wilayah Palu, Donggala, dan Sigi. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana mengirimkan ikan hasil sitaan ke wilayah bencana, khususnya ke wilayah Palu, Donggala, dan Sigi yang belum lama ini terjadi bencana gempa bumi dan tsunami. Adapun jumlah ikan yang rencananya akan dikirimkan tersebut yakni mencapai 48 ton.

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan KKP Rina mengungkapkan, dalam ketentuan karantina disebutkan bahwa jika ada ikan yang masuk ke wilayah Indonesia tidak sesuai ketentuan perkarantinaan. Maka ikan tersebut harus dikembalikan ke negara asalnya atau diserahkan ke Indonesia untuk dimusnahkan.

"Kita kan mengikuti ketentuan karantina. Kalau ada ikan yang masuk tidak sesuai dengan ketentuan, maka ketentuannya adalah dikembalikan ke negara asalnya atau dikasih ke Indonesia kemudian dimusnahkan. Dibakar," katanya di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Jumat (12/10/2018).

Pemerintah pun menawarkan agar perusahaan yang menyalahi aturan tersebut untuk mengembalikan 48 ton ikan tersebut ke negara asalnya. Namun, perusahaan tersebut mengaku tidak sanggup untuk melakukannya.

"Mereka bilang nggak sanggup untuk mengembalikan ke negaranya, trus 48 ton ini kita cek masih bagus kualitasnya. Akhirnya kita minta kesediaan dia, oke kasih ke negara nanti KKP yang menyalurkan," imbuh dia.

Rencananya, ikan hasil sitaan tersebut akan dikirim menggunakan kapal laut. "Jadi kita memang ada rencana untuk mengirimkan ikan ke wilayah tersebut. Tapi disana belum ada cold storage, kemungkinan kita masih akan menggunakan kapal laut," tandasnya.
(akr)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak