alexametrics

Menteri Jonan Sempat Beri Sinyal ke DPR Bakal Naikkan Harga BBM

loading...
Menteri Jonan Sempat Beri Sinyal ke DPR Bakal Naikkan Harga BBM
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan sempat memberikan sinyal kepada DPR dari jauh-jauh hari bahwa pemerintah bakal mengambil kebijakan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan sempat memberikan sinyal kepada DPR dari jauh-jauh hari bahwa pemerintah bakal mengambil kebijakan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium. Hal itu mengingatkan tren kenaikan harga minyak mentah dunia yang belum terbendung hingga saat ini.

Anggota Komisi VII DPR RI Kardaya Wanika membenarkan, bahwa Menteri ESDM Ignasius Jonan sudah memberikan signal untuk menaikkan harga BBM Premium. Hal itu dilontarkan saat DPR melakukan rapat dengan Kementerian ESDM beberapa waktu lalu, dengan alasan kenaikan harga BBM untuk pangkas subsidi yang membebani APBN.

"Kenaikan Harga BBM, sudah sebulan yang lalu saya menanyakan kepada ESDM. Kalau harga minyak dunia naik, apa yang lakukan pemerintah? apakah menambah subsidi atau menaikkan harga?. Meski tidak langsung dijawab, tapi sudah diberitahukan bakal naik. Hanya mereka masih diam," ungkap Kardaya saat Talkshow Polemik Trijaya dengan topik 'BBM dan Situasi Kita' di Jakarta, Sabtu (13/10/2018).

Lebih lanjut menurutnya, menaikkan harga BBM memang merupakan masalah yang kompleks karena bakal berimbas kepada sektor lainnya. Ditambah lagi jika harga BBM premium naik bisa mengganggu stabilitas negara seperti akan demo secara besar-besaran yang akan menyulitkan Indonesia.

"Masalah BBM ini sering menimbulkan demo besar-besaran diberbagai negara termasuk di Indonesia, karena itu harus hati-hati mengelolanya. Yang harus diperhatikan adalah apakah aman dinaikkan karena BBM itu diperlukan oleh semua kegiatan ekonomi. Sehingga akan mempengaruhi semua kegiatan," tandasnya.
(akr)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak