alexametrics

IBD Expo 2018

Hampir 50.000 Pelamar Kerja Mendaftar di BUMN

loading...
Hampir 50.000 Pelamar Kerja Mendaftar di BUMN
Pelamar untuk lowongan kerja BUMN di IBD Expo 2018 di Surabaya membeludak. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Sebanyak 49.629 pelamar mendaftar pada lowongan kerja BUMN yang diadakan di IBD Expo 2018, Surabaya, Jawa Timur, 4-6 Oktober lalu. Hal itu membuktikan bahwa BUMN masih menjadi salah satu pilihan utama bagi para pencari kerja.

Dari data yang dikumpulkan panitia IBD Expo 2018, sebanyak 12.501 orang mendaftar secara offline dan sebanyak 37.127 orang mendaftar secara online.

Menurut Ketua pelaksana IBD Expo 2018 Achmad Fachrodji, info lowongan pekerjaan di BUMN ini sangat diminati oleh masyarakat. Hal itu terbukti ketika hari pertama pameran tersebut diselengarakan, ribuan orang langsung mencari tahu tentang lowongan pekerjaan tersebut.

Jumlah lowongan pekerjaan yang diakses oleh pelamar kerja naik dua kali lipat ketimbang gelaran tahun 2017 yang hanya membuka 3.000 posisi dari 23 BUMN. Untuk tahun 2018, sebanyak 49 BUMN menyediakan 6.036 lowongan kerja.

Antusiasme para pencari kerja tersebut tampak dari panjangnya antrean di pintu masuk venue dan stan BUMN sejak awal IBD Expo 2018 dibuka.

"Selain ingin mendapatkan informasi kerja, ada juga yang langsung memasukkan dokumen lamaran lengkap via dropbox yang tersedia di booth setiap BUMN," ujar Achmad Fachrodji dalam keterangan resmi kepada SINDOnews di Jakarta, Senin (15/10/2018).

Salah seorang pencari kerja, Novi (23), membidik PT KAI (Persero) sebagai pelabuhan karier pertamanya. "Karena saya suka travelling," ujarnya saat ditanya alasan dia melamar.

Sementara itu, Masrun (25) menyatakan, bekerja di BUMN diharapkan dapat membawa kemapanan dalam hidupnya hingga masa pensiun tiba. "Kalau (bekerja) di swasta, saya khawatir masa tua saya tidak terjamin," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Rini Marini Soemarno menekankan bahwa pentingnya peran para milenial dalam regenerasi BUMN. "Sekarang, BUMN harus betul-betul mempersiapkan milenial-milenial untuk nantinya menjadi penerus BUMN, karena ibu selama empat tahun ini ingin memperkuat BUMN sehingga BUMN bisa sustainable 100 tahun ke depan," ujar Rini dalam pidato penutupan IBD Expo 2018.
(fjo)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak