Spesifikasi Quds-3, Rudal Jelajah Houthi yang Mampu Menjangkau Israel

Sabtu, 23 Maret 2024 - 22:07 WIB
loading...
Spesifikasi Quds-3, Rudal Jelajah Houthi yang Mampu Menjangkau Israel
Rudal Quds-3 Houthi mampu menembus pertahanan udara Israel. (Foto: The National)
A A A
JAKARTA - Kelompok militan Houthi di Yaman menorehkan sejarah baru. Rudal Quds-3 yang mereka luncurkan mampu menembus pertahanan udara Israel dan jatuh di wilayah Eilat. Meski tidak ada korban jiwa atau cedera, hal ini menunjukkan kemampuan baru serangan jarak jauh milisi yang didukung Iran tersebut.

Israel pada Selasa malam mengonfirmasi bahwa rudal jelajah Houthi telah mendarat di dekat kota Eilat di selatan negara itu, yang merupakan pertama kalinya kelompok tersebut berhasil menembus pertahanan udara Israel.

“Sebuah rudal jelajah yang datang dari arah Laut Merah jatuh di area terbuka, tidak ada korban jiwa dan tidak ada kerusakan yang ditimbulkan. Insiden ini sedang diselidiki,” demikian pernyataan militer Israel dilansir dari The National, Sabtu (23/3/2024).

Rudal Quds-3 disinyalir diluncurkan dari Yaman yang dikuasai Houthi, sekitar 1.600 km dari sasaran. Rudal jelajah Houthi yang digunakan sebelum perang Gaza diperkirakan memiliki jangkauan sekitar 1.300 km, berdasarkan penggunaannya terhadap sasaran di Arab Saudi selama perang saudara di Yaman.

Rudal jarak jauh milik kelompok tersebut, Quds-3, diklaim memiliki jangkauan 2.000 km dan merupakan satu-satunya jenis yang mampu terbang ke Eilat.

Spesifikasi Quds-3, Rudal Jelajah Houthi yang Mampu Menjangkau Israel



Spesifikasi rudal jelajah Quds-3


Rudal jelajah Quds-3 merupakan varian terbaru dari rudal jelajah Soumar Iran dengan jangkauan lebih jauh. Dilansir dari Defense Update, Quds-3 ditenagai oleh mesin turbofan kecil, tetapi ukurannya lebih besar dan mampu terbang lebih jauh.

Rudal jelajah Quds diprogram untuk terbang di ketinggian rendah dan telah menunjukkan kemampuan menghindari radar yang efektif. Rudal ini dirancang untuk melakukan serangan presisi pada lokasi yang telah diprogram sebelumnya berdasarkan koordinat target. Rudal ini mencapai kecepatan awal menggunakan pendorong berbahan bakar padat yang akan dilepaskan setelah rudal mencapai kecepatan jelajah.

Menurut laporan rudal Iranwatch.org, Quds-1 memiliki jangkauan 800 km. Quds-2 generasi kedua, yang sesuai dengan rudal Soumar Iran, memiliki jangkauan 1.350 km. Jangkauan Quds-3 tidak disebutkan oleh Houthi tetapi diyakini lebih jauh dari Quds-2, karena diameter rudal lebih besar, sehingga mampu membawa tangki bahan bakar dan hulu ledak yang lebih besar.

Rudal ini didasarkan pada rudal jelajah Kh-55 era Soviet yang diperoleh Iran dari Ukraina pada akhir 1990-an. Jangkauan Quds-1 diperkirakan 700 km, dengan Quds-3 mencapai tiga kali lipat jangkauan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)