Islam Mengharamkan Wanita Haid Berpuasa, Ternyata Begini Alasan Medisnya!

Senin, 25 Maret 2024 - 10:30 WIB
loading...
Islam Mengharamkan Wanita Haid Berpuasa, Ternyata Begini Alasan Medisnya!
Terlepas dari ketentuan agama, secara medis, wanita yang sedang haid mengalami banyak perubahan dan keluhan, mulai dari perut yang terasa sakit, migrain hingga rentan terinfeksi terhadap suatu penyakit. Foto ilustrasi/ist
A A A
Dalam Islam, wanita yang sedang haid dilarang atau diharamkan berpuasa , karena dalam kondisi berhadas besar. Dan ternyata larangan tersebut ada penjelasan medisnya.

Terlepas dari ketentuan agama, secara medis, wanita yang sedang haid mengalami banyak perubahan dan keluhan. Mulai dari perut yang terasa sakit, migrain hingga rentan terinfeksi terhadap suatu penyakit. Hal tersebutlah yang membuat para wanita tidak disarankan berpuasa saat tengah haid.

Berikut lima alasan wanita haid tidak boleh puasa dari sisi medis seperti dirangkum dari Halodoc, yakni:

1. Banyak Mengeluarkan Darah

Beberapa wanita mengeluarkan darah yang relatif banyak saat haid. Darah ini berasal dari peluruhan dinding rahim yang sebelumnya menebal. Saat hari pertama haid, biasanya darah akan keluar sangat deras. Namun, kondisi ini berangsur berkurang pada hari berikutnya hingga selesai.

Darah yang keluar banyak dari tubuh menyebabkan letih dan lemas. Bahkan beberapa wanita bisa mengalami anemia. Dengan demikian, jika disarankan berpuasa jika tubuh tidak mampu mengatasi.

2. Sakit Perut

Wanita akan mengalami kram di area perut saat dan sebelum haid. Sakit yang timbul berasal dari peluruhan dinding rahim. Beberapa wanita mengalami rasa sakit yang luar biasa dan bahkan bisa pingsan.

Kondisi ini biasanya berlanjut saat wanita mengalami haid selama satu minggu. Area rasa sakit biasanya terletak di perut bagian bawah seperti ditusuk sehingga dapat mengganggu aktifitas.

3. Migrain

Migrain ringan hingga parah kerap muncul saat masa menstruasi. Jika wanita yang sedang haid dan migrain menjalani puasa, dehidrasi dan sakit kepala bisa semakin parah. Aktivitas pun akan terganggu.

4. Rentan Terinfeksi Penyakit

Kondisi tubuh wanita akan menurun saat sedang menstruasi sehingga daya tahannya menurun dan mudah sakit. Wanita akan mudah sekali terserang penyakit seperti flu atau infeksi di sekitar Miss V.

Selain itu, saat haid, wanita juga rentan mengalami infeksi ragi yang bisa menyebabkan gatal. Ada juga kemungkinan terjadi infeksi berlebih dan mengalami keputihan.

5. Nyeri Badan

Wanita akan mengalami penurunan hormon estrogen saat sedang menstruasi yang menyebabkan wanita lebih sensitif dengan rasa sakit. Kondisi ini membuat mereka sering lelah, nyeri punggung dan sebagainya sehingga disarankan untuk minum obat pereda nyeri.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2127 seconds (0.1#10.140)