2 Jenderal Bintang 3 Masuk Daftar Mutasi TNI, Salah Satunya Eks Pangdam IV/Diponegoro

Senin, 25 Maret 2024 - 17:44 WIB
loading...
2 Jenderal Bintang 3 Masuk Daftar Mutasi TNI, Salah Satunya Eks Pangdam IV/Diponegoro
Laporan Korps Kenaikan Pangkat Pati TNI AD yang dipimpin KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Rabu (27/4/2022). FOTO ILUSTRASI/TNI AD
A A A
JAKARTA - Terdapat beberapa nama jenderal bintang 3 yang masuk daftar mutasi TNI terbaru pada pertengahan Maret 2024. Salah satunya adalah mantan Panglima Kodam IV/Diponegoro.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan rotasi dan mutasi terhadap sejumlah jabatan strategis di lingkungan TNI. Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/329/III/2024 tanggal 22 Maret 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, ditetapkan promosi dan rotasi jabatan terhadap 52 perwira tinggi (pati) TNI yang tersebar di 3 matra berbeda.

Melihat nama-namanya, ada beberapa jenderal bintang 3 TNI AD yang masuk daftar. Siapa saja mereka?

Jenderal Bintang 3 yang Masuk Daftar Mutasi TNI

1. Letjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya

2 Jenderal Bintang 3 Masuk Daftar Mutasi TNI, Salah Satunya Eks Pangdam IV/Diponegoro

FOTO/DOK.RSPAD GATOT SOEBROTO

Letjen TNI dr Albertus Budi Sulistya merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Pada ketentuan mutasi TNI terbaru, ia akan beralih tugas menjadi Staf Khusus (Stafsus) KSAD.

Pada riwayatnya, Albertus lahir di Gunungkidul, Yogyakarta, 10 Maret 1967. Setelah menyelesaikan pendidikan umum di sejumlah perguruan tinggi di Tanah Air, ia masuk pendidikan militer dan menjadi alumnus Sepa Milsuk ABRI tahun 1989.

Melihat sepak terjangnya, sejumlah posisi penting sudah pernah diduduki Albertus Budi. Di antaranya Koordinator Staf Ahli Bidang Kesehatan RSPAD Gatot Soebroto (2017), Waka RSPAD Gatot Soebroto (2019) Kepala Pusat Kesehatan TNI Angkatan Darat (2020) hingga Kepala RSPAD Gatot Soebroto (2020).

Tiga tahun lebih menjabat sebagai Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Dokter Albertus akan beralih tugas usai mutasi TNI terbaru pada pertengahan Maret 2024 ini. Pada ketentuannya, ia akan menempati posisi Stafsus KSAD.

2. Letjen TNI Rudianto

2 Jenderal Bintang 3 Masuk Daftar Mutasi TNI, Salah Satunya Eks Pangdam IV/Diponegoro

FOTO/WIKIPEDIA

Berikutnya ada nama Letjen TNI Rudianto. Ia diketahui sebagai jebolan Akademi Militer (Akmil) 1989 dari kecabangan Infanteri (Kopasssus).

Rudianto lahir di Kudus, 7 Maret 1967. Pada mutasi TNI terbaru, ia akan beralih tugas dari menjadi Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI menggantikan Laksamana Madya Dadi Hartanto.

Sebelum itu, Rudianto ktif menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI. Posisi tersebut ditempati sejak Juni 2022 ketika menggantikan Letjen Joni Supriyanto.

Melihat ke belakang, Rudianto juga pernah menduduki sejumlah posisi strategis lain. Di antaranya seperti Pangdam IV/Diponegoro (2021-2022) dan Irjenad (2022).

Itulah dua nama jenderal bintang 3 yang masuk daftar mutasi TNI terbaru di pertengahan Maret 2024.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2545 seconds (0.1#10.140)