Kenaikan Harga BBM Pertamax Pendorong Inflasi di Oktober

Jum'at, 19 Oktober 2018 - 18:33 WIB
Kenaikan Harga BBM Pertamax Pendorong Inflasi di Oktober
Kenaikan Harga BBM Pertamax Pendorong Inflasi di Oktober
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan beberapa penyebab terjadinya inflasi pada minggu ketiga Oktober yang mencapai 0,12% month to month (mtm). Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, yang menjadi pendorong inflasi karena adanya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi (Pertamax).

Kontribusi kenaikan harga BBM terhadap inflasi yakni sebesar 0,02%. "Mencapai 0,12% pendorong ya adalah harga BBM non subsidi 0,02% dan cabai merah. Sementara untuk komponen lain seperti bawang merah kemudian daging ayam ras semua masih deflasi," ujar Perry di Jakarta, Jumat (19/10/2018).

Perkiraan tersebut berdasarkan survei pemantauan harga sampai minggu ketiga bulan ini. "Benar bahwa ini menunjukkan inflasi tetap rendah dan terkendali sehingga itu mengonfirmasi perkiraan kita sebelumnya," paparnya.

Sebelumnya, kata dia, BI telah memperkirakan di akhir tahun inflasi secara keseluruhan pada 2018 berada di bawah 3,5%. Perry menyebutkan, hal itu didorong oleh semua komponen inflasi yang rendah. "Inflasi inti juga rendah. Demikian pula administered prices maupun harga pangan," tandasnya.

Tercatat inflasi pada minggu ketiga Oktober 2018 masih terkendali yang mencapai 0,12% secara bulanan (month to month), sedangkan secara tahunan (year on year) sebesar 3%. Hal itu disebabkan terkendalinya beberapa harga bahan pokok di Indonesia, seperti bawang dan cabai.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0264 seconds (0.1#10.140)