Viral Video Harimau Melompati Sungai, Bikin Netizen Terpukau

Selasa, 26 Maret 2024 - 14:15 WIB
loading...
Viral Video Harimau Melompati Sungai, Bikin Netizen Terpukau
Harimau melompati sungai di Taman Nasional Sundarbans. (Foto: @Vinod_sharma)
A A A
JAKARTA - Video seekor harimau yang melakukan lompatan besar untuk menyeberangi sungai di Taman Nasional Sundarbans, Bengal Barat, India, viral di media sosial. Video tersebut telah ditonton lebih dari 110.000 kali dan menuai banyak pujian dari netizen.

Video tersebut diawali dengan seekor harimau yang berjalan menuju sungai. Harimau itu kemudian mengambil ancang-ancang dan melompat dengan gagah ke udara, menyeberangi sungai dengan satu lompatan. Harimau itu mendarat dengan sempurna di sisi lain sungai, menunjukkan kekuatan dan kelincahannya yang luar biasa.

Sundarbans merupakan cagar biosfer, taman nasional, sekaligus suaka harimau. Wilayah ini meliputi delta besar seluas 40.000 km persegi antara India dan Bangladesh. Membentang dari Sungai Hooghly di Benggala Barat, India, sampai ke Sungai Baleswar di Bangladesh. Sundarbans menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987.

Di tempat ini pohon-pohon mangrove berdiri kokoh di dataran lumpur, yang terlihat saat air surut, dan terendam saat air pasang. Selain harimau Bengal, Sundarbans juga memiliki beragam satwa liar. Termasuk spesies langka seperti ular piton India dan lumba-lumba Irrawaddy.



Dilansir dari Indian Express, Selasa (26/3/2024) video harimau melompati sungai ini dibagikan oleh pengguna X di media sosial dengan caption "Di Sunderbans. Pengambilan gambar sekali seumur hidup." Netizen pun ramai-ramai memberikan komentar atas video tersebut.

"Tangkapan yang luar biasa! Sunderbans benar-benar permata yang unik. Nikmati setiap momen dari pengalaman luar biasa ini," tulis seorang netizen.

Netizen lain berkomentar, "Teringat tulisan Jim Corbett di mana dia menggambarkan betapa panjang lompatan mereka dan seberapa jauh mereka bisa melompat."

"Oh ya! Melihat harimau di Sunderbans saja sudah jarang dan mendapatkan foto seperti itu.. wow!," tulis netizen lainnya.



Video ini menjadi pengingat akan keindahan dan keagungan alam liar. Harimau merupakan salah satu predator puncak yang memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Meskipun menjadi ikon India dan Bangladesh, harimau Bengal adalah spesies yang terancam punah. Populasi terbesar harimau Bengal hidup di Taman Nasional Sundarbans, di Benggala Barat, India.

Menurut hasil survei terakhir pada 2018, terdapat 114 ekor harimau di Sundarbans. Sementara sensus harimau pada 2015 menyebut populasi harimau di Sundarbans bagian Bangladesh hanya tersisa 106 ekor, turun drastis dari 440 ekor pada tahun 2004.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7444 seconds (0.1#10.140)