Warisan Abadi Arab Saudi: Menjaga Air Zamzam

Selasa, 26 Maret 2024 - 13:23 WIB
loading...
Warisan Abadi Arab Saudi: Menjaga Air Zamzam
Selama berabad-abad, penguasa Arab Saudi telah merawat air suci Zamzam. Foto/Ilustrasi: Gulf News
A A A
Arab Saudi memiliki sejarah panjang dalam merawat dan mempersembahkan air suci Zamzam , yang memiliki arti penting bagi umat Islam .

MendiangRaja Abdulaziz bin Abdul Rahman Al-Saud mengawali pengabdian air Zamzam ini pada tahun 1345 H dengan memerintahkan pembangunan sabil, air mancur minum umum. Tahun berikutnya, dia menugaskan sabil kedua dan mengawasi perbaikan dan penutupan sumur Zamzam itu sendiri. Raja-raja Saudi berturut-turut telah mengambil langkah-langkah pelestarian sumber air ini.

Raja Saud bin Abdulaziz menerapkan pompa untuk pengambilan air. Menyusul perluasan area pradaksina yang pertama pada tahun 1377 H, sumur Zamzam ditempatkan di bawahnya, sehingga mengurangi kemacetan bagi para peziarah.



Selanjutnya, Raja Faisal bin Abdulaziz memerintahkan pembangunan basement kedua untuk sumur tersebut pada tahun 1393 H, sehingga meningkatkan kenyamanan pengunjung selama ritual keagamaan.

Raja Khalid bin Abdulaziz mengikutinya dengan operasi pembersihan menyeluruh yang dilakukan oleh para penyelam.

Pada masa pemerintahan Raja Fahd bin Abdulaziz, Proyek Perluasan Kedua Masjidil Haram yang penting mencakup sistem air minum dan drainase khusus. Ini menampilkan dua pompa besar untuk air Zamzam, banyak air mancur minum, dengan pompa tambahan dipasang kemudian.

Pada masa pemerintahan Raja Abdullah bin Abdulaziz terjadi lompatan maju yang signifikan dengan didirikannya stasiun pemurnian canggih serta fasilitas pembotolan dan transportasi.

Sistem otomatis dan terpantau ini, yang diberi nama Proyek Air Raja Abdullah bin Abdulaziz Zamzam, semakin menjamin kualitas dan aksesibilitas air suci. Dia juga meluncurkan dua proyek tambahan: satu untuk pembersihan otomatis dan satu lagi untuk mendesain ulang wadah air Zamzam guna mengoptimalkan perlindungan, aliran, dan kemudahan akses.



Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, melanjutkan warisan ini. Pada tahun 1439 H, ia menyetujui penyelesaian rehabilitasi sumur Zamzam, termasuk desinfeksi menyeluruh, pembuangan puing-puing, dan pemantauan lingkungan. Selain itu, lima jalur layanan khusus dibangun.

Perjalanan berkah air Zamzam mulai dari sumur hingga jamaah haji di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Dua pompa raksasa mengekstraksi air Zamzam dari sumur dengan kecepatan 360 meter kubik per jam. Air ini kemudian dikirim ke Proyek Air Raja Abdullah bin Abdulaziz Zamzam untuk disimpan, disinfeksi, dan selanjutnya didistribusikan ke lokasi yang ditentukan.

Jaringan pipa baja tahan karat sepanjang kurang lebih empat kilometer, dilengkapi dengan ruang udara, ruang pembersih, dan sistem kontrol, mengangkut air Zamzam dengan aman.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)