alexametrics

Gubernur Jabar Diminta Prioritaskan Pembangunan Akses ke BIJB

loading...
A+ A-
BANDUNG - Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jawa Barat meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat mempercepat pembangunan akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) agar dampak ekonomi dari bandara tersebut cepat dirasakan masyarakat.

Ketua ISEI Jawa Barat Aldrin Herwani mengatakan, salah satu infrastruktur di Jabar yang perlu percepatan adalah BIJB. Terutama untuk akses menuju kawasan tersebut.

"Saya kira fokus ke jalan tol dulu, bagaimana jalur ke BIJB segera diselesaikan. Kalau enggak dipercepat, kelihatannya percuma. Karena siapa yang mau ketinggalan pesawat. Nanti aerocity dan lainnya, bisa mengikuti," kata Aldrin, di Bandung, Minggu (21/10/2018).

Diketahui, BIJB saat ini telah bisa dioperasikan. Namun penggunaannya dinilai belum maksimal lantaran belum ada akses yang memadai ke kawasan itu. Tol Cisumdawu dan kereta api yang awalnya menjadi andalan akses menuju kawasan itu, bulan juga bisa dioperasikan.

Aldrin mengusulkan, bila Jabar tidak bisa menyelesaikan Cisumdawu, bisa minta tolong pemerintah pusat. Dia menilai pembangunan Cisumdawu sudah cukup lama.

Padahal, menurut Aldrin, jika akses ke BIJB sudah jadi perkembangan ekonomi akan mengikuti. Bahkan daerah sekitar akan terdampak. Pembangunan bandara itu akan signifikan mendongkrak ekonomi Jabar.

"Dampaknya bisa ke Pangandaran, Cirebon, dan lainnya. Bahkan penumpang Bandara Soekarno Hatta, bisa beralih ke BIJB. Harapan saya, tahun ini bisa selesai akses ke BIJB. Nanti setelah beres, tinggal ke kereta api," pungkasnya.
(fjo)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak