Ini Pentingnya Spooring Ban Mobil sebelum Dipakai Mudik

Rabu, 27 Maret 2024 - 13:52 WIB
loading...
Ini Pentingnya Spooring Ban Mobil sebelum Dipakai Mudik
Spooring akan membuat letak keempat ban diubah ke posisi standar pabrik. (Foto: Bridgestone)
A A A
JAKARTA - Bagi kalian yang ingin mudik menggunakan mobil pribadi, spooring ban sangat penting untuk dilakukan. Spooring ban merupakan jenis perawatan kendaraan untuk meluruskan dudukan ban.

Sebagaimana diketahui ban menjadi salah satu elemen penting untuk menggerakkan kendaraan. Spooring ban perlu dilakukan untuk memastikan keselamatan selama berkendara.

Seringnya pemakaian dapat membuat ban bergeser dari posisi awalnya. Terlebih jika mobil digunakan untuk mudik bukan tidak mungkin ban lebih cepat untuk mengalami perubahan.

Perubahan posisi ban ini biasanya disebabkan oleh kondisi jalan yang dilalui. Dengan spooring ban, maka posisi masing-masing ban mobil menjadi akan diluruskan ke pengaturan semula.



Sebagaimana dihimpun dari blog resmi Daihatsu, Rabu (27/3/2024), spooring akan membuat letak keempat ban diubah ke posisi standar pabrik. Spooring wajib dilakukan jika saat berkendara merasakan beberapa gejala tertentu seperti adanya suatu ketidaknyamanan pada bagian ban saat memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Tak hanya itu saja, keadaan ban yang harus dilakukan spooring juga bisa diketahui dari posisi keempat roda yang nampak tidak lurus atau sejajar, yang bisa dilihat dengan jelas dikala mobil dalam posisi diam.



Spooring ban biasanya dilakukan setiap enam bulan sekali. Apabila sering menempuh perjalanan yang jauh atau sering melalui jalan dengan kondisi jelek, maka bisa melakukan spooring setiap 10.000 kilometer sekali.

Meski terkesan merepotkan, melakukan spooring akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman. Ini juga merupakan bagian dari perawatan agar mobil tidak mengalami kerusakan dini.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3490 seconds (0.1#10.140)