Impor Pangan Dilaporkan ke KPK, Mendag: Tanya Rizal Ramli

Selasa, 23 Oktober 2018 - 20:32 WIB
Impor Pangan Dilaporkan ke KPK, Mendag: Tanya Rizal Ramli
Impor Pangan Dilaporkan ke KPK, Mendag: Tanya Rizal Ramli
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita enggan mengomentari, seputar laporan korupsi terhadap impor pangan yang dilayangkan Ekonom senior Rizal Ramli ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini. Mendag justru mempersilahkan wartawan untuk mempertanyakan hal tersebut kepada Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman tersebut.

"Oh ya? Mosok coba tanya ke Rizal Ramli-nya," ujar Mendag Enggar di Kementerian Perdagangan Jakarta, Selasa (23/8/2018).

Sementara itu, Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution mengakui bahwa memang terjadi peningkatan impor pada sektor pangan khususnya untuk komoditas beras. Meski begitu, Ia menekankan ketahanan pangan di Indonesia tetap memperlihatkan perbaikan.

Darmin mengungkapkan, indeks ketahanan pangan Indonesia mengalami perbaikan. Meskipun diterangkan olehnya perbaikan yang terjadi tidak tinggi dan bukan loncatan yang besar. "Tentu Anda bisa bilang tahun ini impornya lumayan. Tapi kalau diukur indeks ketahanan pangan di beberapa negara, kita baik walaupun tidak melakukan loncatan yang besar," jelasnya.

Sebelumnya Rizal Ramli menyambangi KPK untuk mengadukan adanya dugaan tindak pidana korupsi di dalam impor pangan. Menurutnya kasus impor pangan sudah sering terjadi, dimana Ia mencontohkan kasus yang mejerat Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq terkait kasus suap pemberian rekomendasi kuota impor daging sapi.

Selain itu, Rizal memberikan contoh lainnya seperti kasus impor gula oleh Bulog yang menjerat ketua DPD RI Irman Gusman. "KPK sangat berpengalaman, tahu persis permainannya, dan harusnya bisa membuka kasus ini dalam waktu yang secepat-cepatnya. Karena nilainya puluhan kali dari permainan impor pangan dari kasus (yang menjerat) PKS yang ketuanya dapat hukuman 16 tahun," jelas Rizal.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5095 seconds (0.1#10.140)