Pemilu Berlangsung Damai, Ketua LMA Yapen Waropen Sorong Raya Beri Apresiasi

Rabu, 27 Maret 2024 - 14:41 WIB
loading...
Pemilu Berlangsung Damai, Ketua LMA Yapen Waropen Sorong Raya Beri Apresiasi
Ketua Lembaga Masyarakat Adat Yapen Waropen (LMA YAWA) Sorong, Raya Fredi Selsius Sawaki mengapreasi Pemilu 2024 berlangsung damai. Foto/iNews TV/Edy Siswanto
A A A
JAYAPURA - Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu 2024) yang telah selesai diselenggarakan dalam situasi aman dan damai diaprediasi berbagai kalangan, khususnya di Papua. Di antaranya dari Ketua Lembaga Masyarakat Adat Yapen Waropen (LMA YAWA) Sorong, Raya Fredi Selsius Sawaki, S.Th.

Dia menyatakan berterimakasih kepada seluruh pihak baik aparat termasuk masyarakat yang telah menjaga Pemilu Aman dan Damai.



"Sejak persiapan Pileg dan Pilpres hingga sampai pada hari ini, di wilayah Provinsi Papua Barat rata-rata aman. Seluruh tahapan yang sudah menjadi ketentuan berjalan baik. Para petugas juga telah bekerja dengan sangat baik, sehingga bisa sampai pada titik ini, di mana sudah ada pengumuman hasil Pleno dan untuk Papua Barat aman," kata Fredi Selsius Sawaki, Rabu (27/3/2024).

Adanya persoalan ketidakpuasan oleh para calon, lanjut dia, diharapkan menggunakan jalur yang telah disiapkan, yakni di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Baik dan buruknya semua hanya ada pada tingkat pusat. Sehingga silahkan menggunakan jalur itu (MK). Bukan lagi protes didaerah, silahkan ke Jakarta," ucapnya.

Pihaknya berharap komitmen bersama untuk tetap menjaga keamanan, ketertiban dan kedamaian juga bisa dilakukan saat Pilkada serentak pada November 2024 mendatang.



Berikut pada waktu yang akan datang akan ada Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota. Oleh karena itu keamanan yang ada pada masing-masing wilayah harus dijaga bersama-sama.

Perlu kerjasama dengan pihak keamanan yaitu Kapolda, Kapolres dan jajaran-jajarannya untuk menjaga situasi tetap aman dan kondusif di semua tahapan.

"Mari saya mengajak kepada semua pihak untuk tetap menjaga Kamtibmas di Kota Sorong ini maupun se Sorong Raya agar tetap aman dan damai. Apa yang menjadi aturan mari kita taat, jangan dilanggar yang nanti malah terjadi persoalan," pungkasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3145 seconds (0.1#10.140)