Pelemahan Rupiah Diprediksi Berlanjut

Rabu, 24 Oktober 2018 - 09:10 WIB
Pelemahan Rupiah Diprediksi Berlanjut
Pelemahan Rupiah Diprediksi Berlanjut
A A A
JAKARTA - Pergerakan rupiah yang kembali berbalik melemah diperkirakan kembali berlanjut, terutama jika tidak didukung oleh sentimen yang ada.

Keputusan Bank Indonesia yang mempertahankan suku bunga acuan tidak cukup kuat mengangkat rupiah. Karena itu, diharapkan sentimen global dapat lebih positif, terutama penguatan EUR dengan sentimen adanya pembicaraan positif antara Komisi Uni Eropa dan Italia membahas defisit anggaran dan laju GBP yang diharapkan terapresiasi seiring kesepakatan Brexit.

"Sehingga ini dapat mengurangi potensi kenaikan USD. Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah," ujar Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada di Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Diperkirakan Reza, rupiah akan bergerak di kisaran Rp15.191-Rp15.178/USD. Sementara, tetapnya suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) dalam RDG-BI di level 5,75% tampaknya tidak cukup kuat mengangkat laju rupiah yang kembali melemah, meski tipis.

"Di sisi lain, adanya sejumlah sentimen positif dari dalam negeri tampaknya juga tidak cukup membantu bertahannya rupiah di zona hijau," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9183 seconds (0.1#10.140)