Siap-siap Sambut Diskon Tarif Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran, Berikut Bocorannya

Rabu, 27 Maret 2024 - 19:17 WIB
loading...
Siap-siap Sambut Diskon Tarif Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran, Berikut Bocorannya
Diskon tarif tol bakal diterapkan pada sejumlah ruas tol Trans Jawa saat mudik Lebaran 2024, mendatang. Berikut bocorannya dari Jasa Marga. Foto/Dol
A A A
JAKARTA - Diskon tarif tol bakal diterapkan pada sejumlah ruas tol Trans Jawa saat mudik Lebaran 2024 , mendatang. Terkait rencana tersebut, Jasa Marga mengungkapkan, masih dilakukan penggodokan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI).

Direktur Operasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Fitri Wiyanti mengatakan, Asosiasi Jalan Tol Indonesia sudah berkirim surat kepada BUJT terkait potongan tarif tol. Rencananya dalam waktu dekat ini BUJT akan melakukan pembahasan sebagai tindak lanjut dari surat yang dimaksud.

Dalam forum tersebut, akan diputuskan besaran ruas tol mana saja yang akan diberlakukan potongan tarif, besarannya, hingga periodisasi waktu.

“Potongan tarif tol, jadi asosiasi jalan tol sudah berkirim surat ke Badan Usaha Jalan Tol dan kami akan memberikan jawaban, rencananya nanti dari asosiasi akan melakukan pres rilis gitu ya,” ujar Fitri saat konferensi pers di Kementerian BUMN, Rabu (27/3/2024).

“Karena bukan Jasa Marga saja, jadi BUJT banyak di sana, akan dikumpulkan semua, akan disampaikan besaran potongan tarif tol-nya, ruas yang diberlakukan, kemudian periode waktunya tanggal berapa aja,” paparnya.



Asosiasi jalan tol lanjut Fitri, masih mengumpulkan informasi dari BUJT ihwal ruas Tol Trans Jawa yang bisa diberlakukan diskon tarif. Selain itu, asosiasi juga masih harus berhitung hingga mendapat izin dari pemegang saham mereka masing-masing.

“Saat ini masih proses di asosiasi jalan tol untuk mengumpulkan informasi dari BUJT yang ruasnya akan dilakukan potongan tarif tol karena mereka kan harus berhitung, dan harus izin ke shareholder juga kan ya, jadi bukan Jasa Marga juga,” beber dia.

Adapun, salah satu operator jalan tol yang akan melakukan diskon tarif selama periode mudik Lebaran 2024 adalah Astra Infra. Potongan tarif ini diberlakukan di beberapa ruas tol yang dikelola perusahaan.

Penerapan diskon tarif tol diberikan kepada pengguna jalan tol untuk menstimulus penguraian arus mudik dan balik yang berpotensi mengalami kepadatan pada hari-hari tertentu.

“Menyambut momen Lebaran tahun ini, Astra Infra berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi pelanggan. Harapannya inisiatif yang kami lakukan dapat efektif memberikan dampak bagi kelancaran mudik lebaran tahun ini,” ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar dalam keterangan tertulisnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)