alexametrics

Pacu Kualitas SDM, Bank Indonesia Dukung Reformasi Struktural

loading...
Pacu Kualitas SDM, Bank Indonesia Dukung Reformasi Struktural
BI mendukung langkah reformasi struktural yang ditempuh pemerintah dengan mendorong peningkatan kualitas SDM dalam kepemimpinan ekonomi daerah dan nasional. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mendukung langkah reformasi struktural yang ditempuh pemerintah dengan mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam kepemimpinan ekonomi daerah dan nasional. Dukungan tersebut antara lain diwujudkan melalui program Economic Leadership for Regional Government Leader Angkatan IV yang diselenggarakan selama tiga hari mulai 24 hingga 26 Oktober 2018 di Bank Indonesia, Jakarta.

Acara tersebut antara lain diikuti oleh Pimpinan Lemhannas, Asosiasi Pemerintahan Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia, Asosiasi DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia, dan Ketua DPRD Kabupaten/Kota dan Bupati/Walikota dari berbagai wilayah di Indonesia. Terdapat tiga tantangan makroekonomi yang tengah dihadapi Indonesia sehingga diperlukan para pemimpin yang berkualitas untuk dapat menciptakan terobosan-terobosan dan menjadi pembaharu ekonomi regional Indonesia.

Pertama, menjaga stabilitas di tengah meningkatnya ketidakpastian global. Dalam hal ini, stabilitas perlu terus dijaga untuk mendukung keberlanjutan pertumbuhan ekonomi. Kedua, sinergi kebijakan untuk mendorong pertumbuhan.



"Sinergi kebijakan Bank Indonesia dengan kebijakan fiskal dan reformasi struktural Pemerintah perlu semakin diperkuat untuk mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional tersebut baik sisi permintaan maupun sisi penawaran. Terakhir, bagaimana seluruh elemen bangsa membangun kapasitas nasional untuk pemanfaatan ekonomi dan keuangan digital," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Program Economic Leadership for Regional Government Leader merupakan program pembekalan dan pengembangan kepemimpinan melalui kurikulum yang inovatif dan transformatif. Melalui program ini para pemimpin daerah dapat lebih mencermati berbagai permasalahan ekonomi daerah yang dihadapi, untuk menghasilkan berbagai kebijakan ekonomi daerah yang aplikatif.

Kebijakan tersebut dikaitkan dengan permasalahan pengendalian harga, menciptakan pertumbuhan, memperbaiki iklim investasi daerah guna menarik investasi masuk, menciptakan networkingpimpinan di daerah sehingga terjadi koordinasi dan kolaborasi antar daerah, serta menciptakan pimpinan yang memiliki kompetensi untuk bersaing di era digital.

Program ini diharapkan dapat mendukung lahirnya pemimpin yang berkualitas, tidak hanya mahir dalam kompetensinya sebagai pemimpin profesional, namun juga memiliki integritas serta kepemimpinan yang luhur. Bank Indonesia akan senantiasa berkoordinasi dan bersinergi dengan pihak-pihak terkait untuk mendukung terciptanya pembaruan ekonomi regional dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak