alexametrics

BTPN Gandeng Google Kembangkan Ekonomi Digital

loading...
BTPN Gandeng Google Kembangkan Ekonomi Digital
BTPN bersinergi dengan Google untuk berbagi pengalaman mengenai pentingnya go online agar para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mengoptimalkan internet. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) bersinergi dengan Google untuk berbagi pengalaman mengenai pentingnya go online agar para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dapat mengoptimalkan internet sebaik mungkin. BTPN aktif berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam memberikan pemahaman mengenai digital economy bagi para pelaku UMKM.

"Harapannya, pelaku UMKM dapat memanfaatkan momentum tren digital untuk meningkatkan kapasitas usaha dan mengembangkan bisnisnya," kata Daya Head BTPN Andrie Darusman lewat keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Dia meyakini, bahwa keterlibatan langsung dalam mendampingi dan memberdayakan nasabah adalah kunci pertumbuhan kinerja bisnis yang berkelanjutan. Salah satu program pemberdayaan yang dilaksanakan BTPN secara berkelanjutan dan terukur yakni Daya. Menurutnya, daya diperuntukkan bagi seluruh nasabah BTPN yang terdiri dari para pensiunan, pelaku UMKM, serta komunitas prasejahtera produktif.



“Inti dari program ini adalah kami menjadi partner, atau mitra nasabah dalam mencapai pertumbuhan usahanya. Kami meyakini, untuk bisa bertumbuh, nasabah tidak hanya membutuhkan akses keuangan, tetapi juga pendampingan untuk meningkatkan kapasitas usaha mereka,” papar dia.

Implementasi Program Daya disesuaikan dengan profil, karakter dan kebutuhan nasabah. Maka itu, modul pelatihan yang diberikan relevan dengan tantangan yang mereka hadapi antara lain modul mengenai perencanaan bisnis, manajemen keuangan, strategi menjaga loyalitas pelanggan hingga mengakses pasar menggunakan platform digital (e-commerce).

“Karena materi pelatihan yang dibutuhkan nasabah semakin kompleks, dan untuk memperluas jangkauan Daya, kami memperkenalkan Daya.id. Hal ini merupakan ikhtiar kami dalam meningkatkan kapasitas nasabah dengan memanfaatkan teknologi,” papar Andrie.

Melalui www.daya.id, nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang untuk mengikuti pelatihan. “Kami juga menyiapkan fasilitas tanya jawab yang diasuh oleh para ahli, kanal Peluang Usaha yang berisi sumber informasi usaha dan waralaba bagi yang sedang menjajaki peluang bisnis dan rubric Kisah Sukses terdiri dari cerita inspiratif dari pelaku usaha dan kesehatan dalam meraih kesuksesan,” kata Andrie.

Corporate Brand Marketing Manager, Google Indonesia Febrina Herlambang menyambut baik kolaborasi dengan BTPN, karena memiliki komitmen yang sama dalam memberdayakan dan meningkatkan kapasitas pelaku UMKM secara digital. Program ini juga diharapkan bisa diduplikasi di daerah lain, sehingga jumlah UMKM yang bisa go digital terus tumbuh.

Komitmen ini diwujudkan melalui serangkaian pelatihan dan pendampingan teknis dalam mengembangkan bisnis secara online. "Kami menyebutnya Gapura Digital. Ini merupakan program pelatihan langsung yang dapat diikuti oleh siapa saja secara gratis untuk belajar tentang berbagai keterampilan penggunaan teknologi online, mulai dari tren digital, tips membuat website yang efektif, hingga pemanfaatan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM),” ungkap Febrina.

Dengan menampilkan bisnis mereka secara online di internet, bisnis mereka lebih mudah ditemukan oleh pelanggan baru yang diharapkan juga bisa meningkatkan bisnis mereka.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak