Cerita Maya Nabila, Wisudawan Termuda Raih Gelar Doktor di ITB pada Usia 24 Tahun

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:50 WIB
loading...
Cerita Maya Nabila, Wisudawan Termuda Raih Gelar Doktor di ITB pada Usia 24 Tahun
Maya Nabila adalah wisudawan doktor termuda di FMIPA ITB. Foto/ITB.
A A A
JAKARTA - Maya Nabila adalah wisudawan termuda yang meraih gelar doktor di usia 24 tahun di FMIPA ITB. Berikut perjalanan Maya Nabila dalam meraih gelar doktor.

Maya Nabila yang kerap disapa Maya adalah mahasiswa S3 jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung (FMIPA ITB) yang telah menyelesaikan sidang program Doktor pada 26 Februari 2024 lalu.

Baca juga: Lulus S3 Kimia, Ilmi Jadi Wisudawan Doktor Termuda ITB

Maya juga merupakan salah satu awardee beasiswa PMDSU (Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul) yang diluncurkan Kemendikbudristek.

Sempat Alami Burnout


Maya menemui jalan terjal untuk menamatkan kuliah S3 dan meraih gelar doktor. Bahkan ia mengaku sempat mengalami burnout dalam menjalani kuliah program S3nya itu.

Perempuan berjilbab ini mengaku sempat terpuruk karena hasil penelitiannya tak sesuai ekspektasi.

"Kalau lagi burnout, aku berhenti sejenak untuk beristirahat, jika dipaksakan hasilnya tidak akan maksimal," katanya, dikutip dari laman ITB, Kamis (28/3/2024).

Baca juga: Berusia 19 Tahun, Shafiy Jadi Wisudawan Termuda ITS

Meski banyak menemui kendala, beruntungnya Maya memiliki support system yang mendukung kuliahnya. Ia tak ragu untuk berdiskusi dengan dosen ahli atau supervisor hingga meminta bantuan teman-temannya.

Banjir Pengalaman


Meski tengah berjuang menamatkan program doktor, namun seolah tak mengenal kata lelah, Maya memiliki seabreg kegiatan lainnya.

Misalnya saja dia diundang menghadiri konferensi nasional maupun internasional untuk didapuk menjadi panitia ataupun moderator konferensi.

Maya juga pernah menjadi asisten dosen yang bertugas membantu penelitian suatu kelompok riset dan membantu dosen dalam membuat solusi soal serta mengoreksi jawaban kuis dan tugas mahasiswa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2395 seconds (0.1#10.140)