AS Upgrade Jet Tempur Siluman F-22 Besar-besaran untuk Perang Melawan China

Jum'at, 29 Maret 2024 - 09:36 WIB
loading...
AS Upgrade Jet Tempur Siluman F-22 Besar-besaran untuk Perang Melawan China
Amerika Serikat melakukan upgrade besar-besaran pada jet tempur siluman F-22 Raptor untuk perang melawan China di masa mendatang. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Jet siluman F-22 Raptor Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) telah mendapat upgrade besar-besaran. Menurut laporan The Telegraph, itu merupakan persiapan perang melawan China di masa mendatang.

Upgrade terhadap pesawat ikonik, yang diklaim sebagai jet tempur terbaik di dunia, tersebut terjadi ketika pesawat itu mendekati dekade ketiga layanan garis depan dan pensiunnya.

F-22 buatan Lockheed Martin adalah pesawat tempur paling kuat dan canggih di dunia, namun memiliki kelemahan. Menyadari keterbatasan F-22—terutama dalam hal jangkauan—Angkatan Udara Amerika mempercepat jet bermesin ganda dan satu kursi tersebut menuju pensiun dini.

Pada saat yang sama, cabang penerbangan menghabiskan miliaran dolar untuk memastikan bahwa setelah Raptor pensiun, sesuatu yang lebih baik—jet yang menghindari radar tanpa masalah utama F-22—siap menggantikannya.



Banyak pengamat Angkatan Udara Amerika mengeluhkan rencana pensiun dini Raptor, kurang dari 30 tahun setelah pesawat tersebut dikerahkan pada operasi garis depan pertamanya. Bukan hal yang aneh bagi pesawat tempur modern Amerika—misalnya F-16 Lockheed Martin atau F-15 Boeing—untuk terbang selama 40 tahun atau lebih. Tentu saja dengan upgrade.

Menurut laporan The Telegraph, Jumat (29/3/2024), Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) sangat bersemangat untuk mengganti pesawat tempur terbaiknya menunjukkan banyak hal tentang bagaimana, dan di mana, para pemimpin USAF mengantisipasi perang di masa depan akan terjadi. Khususnya, pada jarak yang sangat jauh di atas Samudra Pasifik bagian barat yang luas, misalnya, selama serangan China terhadap Taiwan.

USAF bertaruh bahwa pesawat perang yang dirancang untuk menggantikan F-22 akan lebih cocok untuk konflik semacam itu.

F-22 seharga USD300 juta per unit memiliki masa pengembangan yang panjang. Pesawat ini tumbuh dari inisiatif Advanced Tactical Fighter pada tahun 1980-an, pertama kali terbang dalam bentuk demonstrasi pada tahun 1990, menyelesaikan pengembangan pada tahun 2005, pertama kali dikerahkan ke Jepang pada tahun 2006 dan menyelesaikan produksi—hanya 195 pesawat—pada tahun 2012.

Pesawat ini dilaporkan melakukan “tembakan kemarahan” pertamanya selama kampanye pengeboman udara melawan ISIS pada tahun 2014.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)