9 Orang Ditahan di Tajikistan karena Diduga Terkait Serangan Teroris Moskow

Jum'at, 29 Maret 2024 - 19:45 WIB
loading...
9 Orang Ditahan di Tajikistan karena Diduga Terkait Serangan Teroris Moskow
Pemandangan Balai Kota Crocus yang terbakar menyusul serangan mematikan di tempat konser di luar Moskow, Rusia, 26 Maret 2024. Foto/REUTERS/Evgenia Novozhenina
A A A
DUSHANBE - Penembakan dan kebakaran besar terjadi pada 22 Maret 2024 di tempat konser Balai Kota Crocus di kota Krasnogorsk, di luar Moskow.

Sejumlah orang telah ditangkap di Rusia karena diduga terkait serangan teror itu. Kasus ini ternyata meluas hingga ke luar Rusia.

Sembilan warga pinggiran kota Dushanbe telah ditahan karena keterkaitan mereka dengan pelaku serangan teroris di Balai Kota Crocus, menurut sumber di dinas keamanan Tajikistan mengatakan kepada Sputnik pada Jumat (29/3/2024).

“Sembilan warga distrik Vahdat ditahan karena memiliki hubungan dengan orang-orang yang melakukan serangan teroris di Balai Kota Crocus pada tanggal 22 Maret dan karena memiliki hubungan dengan organisasi teroris ISIS (Negara Islam),” ungkap sumber tersebut.

Komite Investigasi Rusia mengatakan sebanyak 143 orang tewas dan 360 orang lainnya luka-luka dalam serangan itu.

Empat tersangka utama dalam kasus tersebut, semuanya warga negara Tajikistan, ditangkap dan didakwa melakukan terorisme.

Serangan teroris di Balai Kota Crocus adalah yang paling mematikan di Rusia dalam hampir 20 tahun.

Rusia menyebut keterkaitan serangan teroris itu dengan Ukraina dan Amerika Serikat. Proses penyelidikan terus berlanjut untuk mengungkap dalang sebenarnya.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)