Gerhana Total pada 8 April 2024 Ungkap Misteri Aneh Matahari

Jum'at, 29 Maret 2024 - 20:31 WIB
loading...
Gerhana Total pada 8 April 2024 Ungkap Misteri Aneh Matahari
Gerhana matarahari total. FOTO/ ASTRONOMY MAGAZINE
A A A
JAKARTA - Pada tanggal 8 April mendatang, gerhana matahari total akan melintasi Amerika Utara. Peristiwa ini terjadi ketika Bulan melintas di antara Matahari dan Bumi.



Fenomena Gerhana Matahari ini menutupi wajah Matahari sepenuhnya dan menyelimuti pengamat dalam kegelapan seperti fajar atau senja.

Jalur totalitas, di mana pengamat mengalami bagian paling gelap dari bayangan Bulan (umbra), akan melintasi Meksiko, Texas, Midwest, dan sebentar memasuki Kanada sebelum berakhir di Maine. Gerhana matahari total seperti ini terjadi kira-kira setiap 18 bulan di berbagai lokasi di Bumi. Gerhana matahari total terakhir di AS terjadi pada 21 Agustus 2017.

Sebuah tim ilmuwan internasional yang dipimpin oleh Universitas Aberystwyth akan melakukan eksperimen di dekat Dallas, tepat di jalur totalitas.

Tim ini terdiri dari mahasiswa PhD dan peneliti dari Aberystwyth University, Nasa Goddard Space Flight Center di Maryland, dan Caltech (California Institute of Technology) di Pasadena.

Eksperimen ini memanfaatkan momen gerhana untuk mempelajari Matahari dengan cara yang unik dan berharga, bahkan dibandingkan dengan misi berbasis ruang angkasa.

Penelitian ini diharapkan dapat mengungkap teka-teki lama tentang bagian terluar atmosfer Matahari, yaitu mahkotanya.

Mahkota Matahari adalah bagian terluar atmosfer Matahari yang sangat panas, jauh lebih panas daripada permukaan Matahari.

Namun, para ilmuwan belum sepenuhnya memahami bagaimana panas ini dihasilkan. Eksperimen selama gerhana matahari total dapat memberikan data penting untuk membantu menjawab pertanyaan ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2657 seconds (0.1#10.140)