UMKM Diminta Jangan Takut Hadapi e-Commerce

Rabu, 31 Oktober 2018 - 00:43 WIB
UMKM Diminta Jangan Takut Hadapi e-Commerce
UMKM Diminta Jangan Takut Hadapi e-Commerce
A A A
JAKARTA - Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diminta jangan takut dalam menghadapi kejayaan e-commerce. Gangguan atau disrupsi dari ekonomi digital ini harus disikapi dengan strategi bisnis yang terukur.

Direktur Pengembangan Usaha dan Inkubasi Universitas Gadjah Mada, Hargo Utomo, mengatakan era ekonomi digital mesti dimanfaatkan untuk perluasan pasar. Generasi milenial menjadi sasaran empuk dari produk yang dijual.

"Era sekarang dalam menyikapi kata disrupsi, jangan takut hadapi tantangan. Serap kebiasaan baru generasi milenial tapi tidak hanya milenial, juga upper milenial. Ini harus kita ikuti," ujarnya di Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Strategi bertahan di era disrupsi tersebut, lanjut Hargo, menjadi menarik karena ada satu idiom bahwa ini menjadi satu hal menakutkan tapi di sisi lain menguntungkan. Cara terbaik yakni dengan terus melakukan penetrasi pasar.

"Ini tantangan, cara terbaik bisa bertahan adalah dengan ofensif. Dalam konteks di Indonesia bisa jadi kombinasi ofensif dan defensif untuk bertahan," katanya.

Menurut Hargo, keberadaan e-commerce bisa membuat pelaku UMKM mencari kepastian dengan ritel konvensional. Sebab dari sana, produk mereka banyak dipasarkan.

"Kepastian kita manage dan itu ritel sedang hadapi itu. Aakankah potret wajah shopping mal seperti sekarang akan go online, tapi tidak akan punah," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5100 seconds (0.1#10.140)