alexametrics

PropertyGuru Dapat Suntikan Dana dari KKR Senilai USD145 Juta

loading...
PropertyGuru Dapat Suntikan Dana dari KKR Senilai USD145 Juta
PropertyGuru dapat suntikan dana dari KKR senilai USD145 juta. Foto/Dok.PropertyGuru
A+ A-
JAKARTA - Grup teknologi properti terkemuka di Asia PropertyGuru Group, mendapatkan pendanaan sebesar SGD200 juta atau sekitar USD145 juta dalam putaran Seri D dari perusahaan investasi global terkemuka, KKR.

Sebagai salah satu investor ekuitas swasta paling aktif di Asia Tenggara, KKR memiliki rekam jejak kemitraan yang sukses dengan perusahaan teknologi terkemuka di seluruh Asia dan sekarang bergabung dengan dewan pemegang saham PropertyGuru bersama TPG, Emtek dan Square Peg Capital.

Pendanaan ini memperkuat kepemimpinan PropertyGuru di Asia Tenggara bersamaan dengan konsolidasi penuh dari portal properti di Vietnam, Batdongsan.com.vn ke dalam Grup. Konsolidasi ini menggarisbawahi komitmen Grup untuk Vietnam dan kolaborasi dengan Batdongsan.com.vn yang sudah dimulai pada 2016. Saat ini, pertumbuhan ekonomi Vietnam sangat kuat dengan PDB yang diproyeksikan akan meningkat sebesar 6,8% pada tahun 2018.



Chief Executive Officer PropertyGuru Group, Hari V. Krishnan, mengatakan investasi baru ini mengukuhkan validasi yang kuat dari pertumbuhan berbasis teknologi yang telah diberikan oleh PropertyGuru.

"Didukung oleh satu dekade kepemimpinan pasar di Asia Tenggara dan perkembangan bisnis dalam beberapa tahun terakhir. Hari ini, Grup kami sudah profitable, arus kas positif dan memiliki pendapatan yang tumbuh lebih dari 25%," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/11/2018).

PropertyGuru Group adalah pemimpin teknologi properti di lima pasar di Asia Tenggara, yaitu PropertyGuru di Singapura dan Malaysia, Rumah.com di Indonesia, DDproperty.com di Thailand, dan Batdongsan.com.vn di Vietnam.

Di Asia Tenggara, Grup ini memiliki 55% pangsa pasar, mencerminkan preferensi kuat pencari properti untuk portal yang dioperasikan oleh PropertyGuru. Grup ini juga menjalankan merek penghargaan properti paling bergengsi di Asia, ‘Asia Property Awards’ di 11 pasar utama di seluruh Asia.

Putaran pendanaan ini memberikan dorongan signifikan untuk posisi PropertyGuru sebagai perusahaan teknologi dengan pertumbuhan tinggi di Asia Tenggara. PropertyGuru Grup akan terus mendorong investasi dalam teknologi dan membawa solusi yang bermanfaat bagi pencari rumah, agen real estat, dan pengembang properti.

Awal tahun ini, PropertyGuru sukses meluncurkan penyegaran merek dengan situs web dan aplikasi seluler yang didukung oleh penerapam kecerdasan buatan, hal ini merupakan yang pertama di industri portal properti di Asia Tenggara.

"Kami pertama kali berinvestasi di Batdongsan pada tahun 2016 dan telah terkesan dengan kepemimpinan pasar mereka. Kepemimpinan kuat mereka dipicu dengan nilai besar yang mereka berikan bagi sektor properti Vietnam," paparnya.

Member & Head of Southeast Asia KKR, Ashish Shastry, mengatakan dengan migrasi online yang berjalan dengan baik di banyak industri, tim PropertyGuru yang dipimpin Hari V. Krishnan telah dengan jelas memantapkan dirinya sebagai pemimpin di Asia Tenggara dalam industri properti online.

"Kami berharap dapat bermitra dengan mereka untuk membantu membawa mereka ke tingkat selanjutnya," katanya.

Investasi KKR di PropertyGuru didanai dari KKR Asian Fund III. Investasi ini adalah bagian dari strategi perusahaan untuk berinvestasi di pasar dengan pertumbuhan tinggi yang diyakini dapat memperoleh manfaat dari peningkatan pesat pengadopsian teknologi.

Investasi teknologi lainnya yang baru-baru ini telah diumumkan KKR di Asia Tenggara meliputi Voyager Innovations. Yang merupakan perusahaan teknologi terkemuka di Filipina yang fokus pada pembayaran digital, keuangan digital, dan teknologi pemasaran. Juga GoJek platform mobile on-demand terkemuka di Indonesia untuk transportasi, makanan pengiriman, dan pembayaran seluler.

"Vietnam adalah pasar penting bagi kami. Memasukkan Batdongsan ke dalam PropertyGuru akan meningkatkan penjualan di pasar," cetus Ganen Sarvananthan, Chairman dari PropertyGuru Group Board dan Co-Managing Partner dari TPG Capital Asia.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak