Jabar Tawarkan 25 Proyek Infrastruktur Strategis Rp280 Triliun

Kamis, 01 November 2018 - 20:01 WIB
Jabar Tawarkan 25 Proyek Infrastruktur Strategis Rp280 Triliun
Jabar Tawarkan 25 Proyek Infrastruktur Strategis Rp280 Triliun
A A A
BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menawarkan 25 proyek infrastruktur kepada para investor dengan nilai total hingga Rp280 triliun. Ke-25 proyek infrastruktur strategis tersebut ditawarkan dalam Pameran Indonesia Infrastructure Week (IIW) di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Jabar Dadang Mohamad mengatakan, proyek-proyek infrastruktur besar yang ditawarkan oleh Pemprov Jabar diantaranya peluang bisnis di Bandara International Jawa Barat (BJIB) dan Aerocity BIJB di Kabupaten Majalengka dan proyek Bandung Metropolitan Urban Railways di Wilayah Bandung Raya.

"Proyek aksesbilitas ke BIJB berupa pembangunan railways dan toll road. Kemudian proyek pengelolaan sampah regional Legok Nangka di Kabupaten Bandung hingga pembangunan Minihydro Power Plant di Pasir Jambu dan Kertamukti," sebut Dadang dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/11/2018).

Dadang melanjutkan, dalam pameran yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu, diinformasikan juga proyek-proyek infrastruktur lainnya yang menjadi target Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Menurut Dadang, Ridwan menargetkan peningkatan interkoneksi antarwilayah di Jabar dari utara ke selatan, dari barat ke timur, dan dari desa ke kota serta meningkatkan akses ke sejumlah lokasi wisata di Jabar.

"Proyek-proyek tersebut di antaranya reaktivasi railway, pembangunan bandara, pelabuhan, waduk, sistem pengelolaan air minum, hingga pembangunan jalan tol dan peningkatan jalan non-tol," paparnya.

Dadang menerangkan, Pemprov Jabar tidak bisa sepenuhnya membiayai proyek-proyek infrastruktur strategis tersebut. Oleh karena itu, Pemprov Jabar membangun kolaborasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten/kota serta meningkatkan partisipasi BUMN, BUMD, dan swasta dalam pembangunan infrastruktur.

"Pembangunan infrastruktur di Jawa Barat adalah suatu keniscayaan. Kolaborasi plus inovasi adalah kunci pencapaian program Jabar Juara," katanya.

Karena itu pula, lanjut Dadang, Dinas PMPTSP Jabar berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan Jabar, Dinas Lingkungan Hidup Jabar, Bank Indonesia Perwakilan Jabar dan BUMD, yakni PT BIJB, PT Tirta Gemah Ripah serta didukung Biro Humas dan Protokol mengundang para investor untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di Jabar lewat Pameran IIW.

Dadang juga mendorong investor, pelaku usaha, dan masyarakat untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai peluang investasi dan peluang kerja sama di Jabar dengan mengunjungi laman http://investasi.jabarprov.go.id.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7898 seconds (0.1#10.140)