Konektivitas Bandara Kertajati Semakin Bertambah

Senin, 05 November 2018 - 17:01 WIB
Konektivitas Bandara Kertajati Semakin Bertambah
Konektivitas Bandara Kertajati Semakin Bertambah
A A A
MAJALENGKA - Dalam waktu dekat, moda transportasi darat yang menghubungkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati ke sejumlah daerah akan bertambah. Kepastian itu diperoleh dengan dilakukannya penandatanganan perjanjian kerja sama penyediaan layanan angkutan antar-jemput oleh BIJB dan sejumlah penyedia jasa transportasi.

Kerja sama tahap pertama melibatkan empat perusahaan, yakni PT City Trans Utama, PT Citra Maharlika Lintas Wahana, PT Elang Cakra Ekspres, dan PT Purwa Transportasi Utama yang akan melayani antar-jemput dari sejumlah kota ke BIJB.

Keempat operator itu akan melayani penumpang ke sejumlah daerah di Jawa Barat, dari BIJB dan sebaliknya, mulai Jumat (9/11) mendatang.

"Transportasi ini menjadi sarana penting, dengan adanya kerja sama strategis bersama para mitra ini tentu bisa memudahkan masyarakat untuk menjangkau Bandara Kertajati dari berbagai daerah di Jawa Barat," kata Direktur Keuangan PT BIJB Muhamad Singgih, di Majalengka, Senin (5/11/2018).

Keberadaan sejumlah perusahaan penyedia jasa transportasi itu menurutnya memiliki peran yang sangat penting. Hadirnya layanan tersebut diharapkan membantu calon penumpang yang hendak menuju BIJB.

Executive General Manager Bandara Kertajati Ibut Astono menambahkan, kunci dari ramainya sebuah bandara adalah mudahnya konektivitas. Dengan adanya kerja sama itu, ke depan diharapkan aktivitas di bandara yang baru diresmikan pada Mei 2018 itu bakal lebih menggeliat.

"Semoga dengan kerja sama ini kita bisa sama-sama mengakomodir masyarakat, bisa menjangkau semua daerah dalam rangka memberikan layanan transportasi darat dan udara," ujarnya.

Di sisi lain, Staf bidang Transportasi Darat Dishub Provinsi Jawa Barat Teviani menjelaskan, sebelum memilih empat perusahaan yang akan melayani antar-jemput dari dan menuju bandara itu, pihaknya terlebih dahulu melakukan sejumlah tahapan guna menentukan kelayakannya.

"Yang mengajukan sampai sekitar 12 perusahaan. Namun yang lolos empat perusahaan itu. Sebelumnya ada beberapa proses seperti pengecekan perlengkapannya, baik dari sisi administrasi mapun dari kendraaannya itu sendiri," papar dia.

Direktur Tehnik PT Elang Cakra Ekspres Ahmad Tirtomulyo mengatakan, pihaknya memutuskan ambil bagian dalam perjanjian kerja sama itu karena baiknya prospek Bandara Kertajati. Dalam kerja sama ini, perusahaannya akan melayani antar-jemput dari Indramayu menuju BIJB serta sebaliknya.

"Kami menyediakan 4 unit, dengan tujuan dari Karangaampel, Jatibarang, dan Indramayu kota. Untuk jadwal, disesuaikan dengan jadwal penerbangan," jelasnya.

Perusahaan lainnya, PT Citytrans Utama dan PT Citra Maharlika Lintas Wahana membuka rute Bandung, Tasikmalaya dan Bandara Kertajati (PP). Selanjutnya, PT Purwa Transportasi Utama akan menjangkau kawasan Purwakarta.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4573 seconds (0.1#10.140)