Indonesia Menuju Pendapatan Perkapita Kelas Menengah

Selasa, 06 November 2018 - 21:08 WIB
Indonesia Menuju Pendapatan Perkapita Kelas Menengah
Indonesia Menuju Pendapatan Perkapita Kelas Menengah
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan, Indonesia kini sedang menuju negara dengan pendapatan perkapita kelas menengah. Sebelum mewujudkan itu, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi.

Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo, mengatakan salah satunya yakni tantangan struktural. Indonesia berada dalam tahap keluar dari jebakan middle income trap.

"Kita berada dalam pendapatan perkapita USD3.400 menuju USD12.000, ini relatif hanya sedikit negara. Rata-rata akan masuk middle income trap, kita ada di lower middle income," ujarnya di Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Menurutnya, tantangan ini berat karena dalam middle income, Indonesia punya bonus demografi. Tapi dalam hitungannya akan berakhir 10-15 tahun kedepan.

"Dari sini kami lihat dukungan faktor produksi, teknologi, human capital jadi mutlak. Kita masih punya tantangan infrastruktur, pendidikan dan inovasi," katanya.

Dody menegaskan, untuk menjadi negara dengan pendapatan perkapita menengah harus memperkuat industri manufaktur. Defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) pun harus diperbaiki agar kompetitif.

"Jadi kalau kita mau menuju level pendapatan yang menengah, kita relatif menerima hambatan sama CAD. Industri kita middle high tech, tapi juga selalu diikuti impor yang tinggi," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5398 seconds (0.1#10.140)