5 Olahraga Paling Ampuh Mengalahkan Insomnia, Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Selasa, 02 April 2024 - 16:01 WIB
loading...
5 Olahraga Paling Ampuh Mengalahkan Insomnia, Bikin Tidur Lebih Nyenyak
Susah tidur hingga mengalami insomnia? Begini cara mengatasinya. Foto/ adobe stock
A A A
JAKARTA - Apakah Anda sering menatap langit di malam hari karena sulit untuk tidur? Jika hal ini terjadi setiap hari, Anda mungkin mengalami insomnia , gangguan tidur yang menyebabkan kesulitan untuk tidur.

Jika dibiarkan, bisa menyebabkan kelelahan, mudah tersinggung dan keresahan mental, serta mengganggu daya ingat dan konsentrasi. Untuk itu, perlu segera ditangani.



Sementara, pada insomnia kronis , efeknya meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, diabetes dan kanker.

Nah, jika Anda mengalami kelainan ini, berikut beberapa olahraga terbaik untuk mengatasi insomnia guna meningkatkan kualitas tidur.

Olahraga untuk mengatasi insomnia


1. Olahraga kardiovaskular/ aerobik
Menurut Sleep Foundation, olahraga kardiovaskular atau aerobik dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi rasa kantuk berlebihan di siang hari bagi penderita insomnia. Faktanya, aerobik dapat mengurangi keparahan kondisi gangguan pernapasan saat tidur, seperti apnea tidur obstruktif.

Anda dapat melakukan aerobik seperti jalan cepat, jogging atau bersepeda di pagi hari agar tidur lebih nyenyak di malam hari.

Pakar kebugaran Chitharesh Natesan menyarankan latihan aerobik intensitas sedang selama 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat yang merangsang tidur.

2. Yoga
Melakukan pose yoga lembut sebelum tidur dapat membuat tubuh dan pikiran rileks sehingga lebih mudah untuk tidur. Sebuah studi yang dilakukan oleh Indian Journal Of Psychiatry, menemukan bahwa penderita insomnia merasakan penurunan gangguan tidur yang signifikan.

3. Tai Chi
Tai Chi merupakan seni bela diri China kuno yang terkenal dengan gerakannya yang lambat dan disengaja. Tai Chi dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Ini adalah praktik pikiran-tubuh yang meningkatkan relaksasi, mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, yang semuanya berkontribusi pada kualitas tidur yang lebih baik.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Environmental Research and Public Health menemukan bahwa Tai Chi memberikan efek positif pada penderita insomnia dan membantu meringankan gejala depresi dan kecemasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)