alexametrics

HKTI Gandeng TNI Serahkan Bibit Unggul ke Petani Demak

loading...
HKTI Gandeng TNI Serahkan Bibit Unggul ke Petani Demak
Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menggandeng TNI AD menyalurkan bibit unggul M400 dan POC L-58 kepada para petani di Demak. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menggandeng Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) menyalurkan bibit unggul M400 dan POC L-58 kepada para petani di Demak, Jawa Tengah.

Ketua HKTI Moeldoko mengatakan padi yang dihasilkan dari bibit varietas unggul M400 diharapkan akan memberikan keuntungan kepada petani, yakni hasil panen yang lebih banyak mencapai 7,8 hingga 9 ton per-hektare serta tahan terhadap berbagai serangan hama dan anomali cuaca.

“Dengan teknologi dan kultur bertani yang berkembang, mestinya petani akan maju dan sejahtera. Oleh karena itu teknologi harus bisa kita hubungkan dengan kultur kepada masyarakat, agar pertanian kita tidak stagnan,” kata Moeldoko dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Sebagai informasi, M400 merupakan salah satu benih unggulan yang diprakasai oleh Moeldoko. M400 merupakan singkatan dari Moeldoko-400 dan memiliki 400 bulir padi per tangkai (malay) di atas rata-rata varietas padi lainnya yang rata-rata 200-250 bulir per tangkai akan mempu mendongkrak penghasilan petani Indonesia.

HKTI dan Kodim 0716/Demak bersama perusahaan swasta pertanian Lumbung Banyu Bumi melakukan Tanam Perdana bibit M400 di desa Kuwu, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Hal ini untuk mempersiapkan diri dalam memasuki masa tanam yang biasanya jatuh pada bulan November. Dalam kesempatan tersebut, Lumbung Banyu Bumi juga menyerahkan secara bertahap POC L-58 1400 liter kepada Kodim 0716/Demak.

“Target Panen Puas, Pola Tani Cerdas dengan Bibit Berkualitas ini adalah bukti konkrit sinergitas yang dibangun TNI dan Lumbung Banyu Bumi bersama masyarakat petani dan selanjutnya akan diterapkan di 14 koramil se-Kabupaten Demak dengan menggunakan Bibit M400 dan POC L-58,” imbuhnya.

Kegiatan yang di inisiasi oleh Kodim 0716/Demak ini sebagai kelanjutan dari kerjasama keduanya dalam memajukan sektor pertanian dengan menggunakan manajemen tata kelola dan budidaya pertanian.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak