Siapa Samuel Bateman? Pemimpin Sekte Poligami yang Memiliki 20 Istri dan Menganjurkan Jemaatnya Menikah dengan Anak-anak

Rabu, 03 April 2024 - 18:18 WIB
loading...
Siapa Samuel Bateman? Pemimpin Sekte Poligami yang Memiliki 20 Istri dan Menganjurkan Jemaatnya Menikah dengan Anak-anak
Samuel Bateman memimpin sekte poligami di AS. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Pemimpin sekte poligami Samuel Bateman di dekat perbatasan Arizona-Utah, Samuel Bateman, telah mengaku bersalah berkonspirasi untuk mengangkut gadis-gadis di bawah umur. Tindakan itu dilakukan bertahun-tahun untuk mengatur kejahatan seksual yang melibatkan anak-anak.

Samuel Bateman juga mengaku bersalah di Pengadilan Distrik AS di Phoenix karena berkonspirasi melakukan penculikan gadis-gadis di bawah umur yang telah ditahan di negara bagian Arizona. Dia terancam hukuman 20 hingga 50 tahun penjara, meskipun salah satu dari hukumannya membawa kemungkinan hukuman penjara seumur hidup.

Saat mengaku bersalah, Bateman, 48, mengakui mengambil pengantin di bawah umur, melakukan aktivitas seks dengan mereka dan mengatur seks berkelompok, terkadang melibatkan pengantin anak. Myles Schneider, pengacara Bateman, tidak membalas panggilan telepon dan email untuk meminta komentar atas nama kliennya.

Pihak berwenang mengatakan Bateman, seorang yang memproklamirkan dirinya sebagai nabi dan telah mengambil lebih dari 20 istri, termasuk 10 anak perempuan di bawah usia 18 tahun, menciptakan jaringan luas yang mencakup setidaknya empat negara bagian ketika ia mencoba untuk memulai sebuah cabang dari Gereja Fundamentalis Yesus Kristus. Orang-Orang Suci Zaman Akhir, yang secara historis berbasis di komunitas tetangga Kota Colorado, Arizona, dan Hildale, Utah.

Dia dan para pengikutnya mempraktikkan poligami, sebuah warisan ajaran awal Gereja arus utama Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, yang meninggalkan praktik tersebut pada tahun 1890 dan sekarang melarang keras praktik tersebut. Bateman dan para pengikutnya meyakini poligami mendatangkan keagungan di surga.

Bateman ditangkap pada Agustus 2022 oleh polisi negara bagian Arizona di Flagstaff setelah seseorang melihat jari-jari kecil di celah pintu sebuah trailer tertutup. Pihak berwenang menemukan tiga gadis – berusia antara 11 dan 14 tahun – di dalam trailer, yang memiliki toilet darurat, sofa, kursi kemah, dan tidak ada ventilasi.

Bateman mengirimkan uang jaminan, tetapi dia ditangkap lagi pada bulan berikutnya dan didakwa menghalangi keadilan dalam penyelidikan federal mengenai apakah anak-anak diangkut melintasi batas negara bagian untuk aktivitas seksual.



Pada saat penangkapan kedua, pihak berwenang memindahkan sembilan anak dari rumah Bateman di Colorado City dan menempatkan mereka di panti asuhan. Delapan dari anak-anak tersebut kemudian melarikan diri, dan FBI menuduh bahwa tiga istri dewasa Bateman berperan dalam mengeluarkan mereka dari Arizona. Gadis-gadis itu kemudian ditemukan ratusan mil jauhnya di negara bagian Washington di dalam kendaraan yang dikendarai oleh salah satu istri dewasa.

Bateman dituduh memberikan istri sebagai hadiah kepada pengikut laki-lakinya dan mengaku melakukannya atas perintah “Bapa Surgawi”. Penyelidik mengatakan Bateman sering bepergian antara Arizona, Utah, Colorado dan Nebraska dan melakukan hubungan seks dengan gadis di bawah umur secara teratur. Beberapa aktivitas seksual yang melibatkan Bateman direkam dan disebarkan ke seluruh negara bagian melalui perangkat elektronik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)