Manfaat Amalan Zikir Ya Aziz Ya Jabbar Ya Mutakabbir, dari Diberi Kekuatan hingga Kerendahan Hati

Kamis, 04 April 2024 - 03:05 WIB
loading...
Manfaat Amalan Zikir Ya Aziz Ya Jabbar Ya Mutakabbir, dari Diberi Kekuatan hingga Kerendahan Hati
Amalan zikir Ya Aziz Ya Jabbar Ya Mutakabbir ini kerap dilafazkan. Siapa sangka jika amalan tersebut memiliki keistimewaan dan manfaatnya tersendiri. Foto ilustrasi/ist
A A A
Amalan zikir Ya Aziz Ya Jabbar Ya Mutakabbir ini kerap dilafazkan. Siapa sangka jika amalan tersebut memiliki keistimewaan dan manfaatnya tersendiri.

Allah memiliki 99 nama baik yang disebut dengan Asmaul Husna , dimana masing-masing menggambarkan keistimewaan sifat-Nya.

Asmaul Husna berasal dari kata Asma, yang artinya indah, dan Husna yang berarti baik. Sehingga dapat diartikan jika Asmaul Husna adalah nama milik Allah yang baik dan indah.

Nama-nama Indah Allah SWT, berikut dalil Asmaul Husna dalam Al Qur'an surat Al A'raf ayat 180,

وَلِلَّهِ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ فَٱدْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا۟ ٱلَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِىٓ أَسْمَٰٓئِهِۦ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ


Artinya : "Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan."

Biasanya umat muslim acap kali membaca zikir dnegan menggunakan nama-nama baik ini. Dalam buku 'Manfaat Dahsyat Zikir Asmaul Husna', cara membaca Asmaul Husna dalam berdoa atau berzikir adalah dengan menghilangkan kata "al" pada awal katanya.

Hal inilah yang menjadi dasar amalan zikir Ya Aziz Ya Jabbar Ya Mutakabbir. Berikut ini makna dari ketiga nama sifat Allah tersebut.

Makna dan Manfaat Zikir Ya Aziz Ya Jabbar Ya Mutakabbir

1. Al Aziz

Ya Aziz atau Al Aziz (الْعَزِيزُ) ini berarti Maha Perkasa, yang tidak bisa dikalahkan oleh sesuatupun, Maha Kuat dan mengalahkan segala sesuatu. Khasiat atau keajaiban dari zikir dengan menyebut nama Al Aziz, Allah akan memberi kekuatan, kekuasaan dan wibawa di hadapan manusia.

2. Al Jabbar

Ya Jabbar atau Al Jabbar (الْجَبَّارُ) berarti Allah berkuasa untuk memaksakan kehendakNya kepada hambaNya. Al Jabbar juga bermakna kuat dan tahan sehingga tidak ada yang bisa berbuat buruk dan membahayakanNya.

Terdapat keutamaan bagi siapapun kaum muslim yang mengamalkan zikir Ya Jabbar. Melalui sifat Al Jabbar yang dimiliki oleh-Nya, seorang muslim harus menggantungkan harapan dan cita-cita kepada Allah SWT semata, salah satu caranya dengan berikhtiar. Meskipun keputusan ada di tangan Allah SWT, dengan berikhtiar seorang muslim pada akhirnya akan diberikan penghargaan oleh-Nya.

3. Al Mutakabbir

Ya Mutakabbir atau Al Mutakkabir (الْمُتَكَبِّرُ) artinya Allah adalah Dzat yang memiliki kesombongan dan kebesaran. Kesombongan dan kebesaran ini adalah pakaian Allah yang tidak boleh dipakai oleh hambaNya.

Dengan zikir ini umat muslim akan selalu ingat untuk selalu bersikap rendah diri baik di hadapan Allah SWT mapun dalam kehidupan sosialnya.

Itulah sejumlah manfaat dari zikir Ya Aziz Ya Jabbar Ya Mutakabbir beserta dengan maknanya. Memperbanyak zikir dengan menyebut nama-nama Allah ini memang jadi salah satu bentuk amalan yang dapat mempermudah kehidupan umat Islam baik di dunia maupun di akhirat.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)