alexametrics

Kebijakan The Fed Bawa Dolar Kembali Naik ke Level Tertinggi 16 Bulan

loading...
Kebijakan The Fed Bawa Dolar Kembali Naik ke Level Tertinggi 16 Bulan
Dolar AS kembali ke level tertinggi 16 bulan. Foto/Reuters
A+ A-
NEW YORK - Dolar Amerika Serikat (USD) kembali menguat ke level tertinggi 16 bulan terhadap euro pada penutupan perdagangan pasar uang, Jumat kemarin. Kembali berototnya USD seiring kebijakan Federal Reserve yang mempertahankan suku bunga stabil dan menegaskan kembali pengetatan moneternya, serta menyiapkan kenaikan suku bunga keempat pada tahun ini di Desember besok.

Melansir dari Reuters, Sabtu (10/11/2018), greenback selama pekan belakangan ini telah jatuh imbas hasil Pemilu Sela pada Selasa (6/11). Namun, USD kembali menguat dan unggul atas sebagian besar mata uang utama betkat ekonomi AS yang kuat di era Presiden Donald Trump.

Indeks USD terhadap enam mata uang utama naik mencapai 96,95, tidak jauh dari level puncak 16 bulan yaitu di level 97,2 pada 31 Oktober lalu. Hasil ini membuat euro turun 0,28% menjadi USD1,133. Yen jatuh menjadi 113,86 dan yuan China terperosok menjadi 7 yuan per USD. Sterling Inggris melemah 0,50% ke level USD1,2961.

"Jadi jangan terlalu cepat menjual dolar karena The Fed masih menaikkan suku bunga, pasar tenaga kerja menguat dan ketegangan perdagangan belum hilang," kata Kit Juckes, kepala Strategi FX di Societe Generale.

The Fed dikabarkan akan menaikkan kembali suku bunga pada Desember, dimana ekspektasi pedagang soal kenaikan suku bunga sebesar 75,8%, lebih tinggi sehari sebelumnya yakni 71,1% menurut alat FedWatch CME Group.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak