Daftar Raja Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur hingga Keruntuhannya

Kamis, 04 April 2024 - 17:39 WIB
loading...
Daftar Raja Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur hingga Keruntuhannya
Kerajaan Kutai bercorak Hindu didirikan sekitar abad ke-4 dan berada di daerah Muara Kaman, Kalimantan Timur. Foto candi peninggalan Kerajaan Kutai. Foto/Ist
A A A
MUARA KAMAN - DAFTAR raja Kerajaan Kutai hingga keruntuhannya menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Kerajaan bercorak Hindu tersebut didirikan sekitar abad ke-4 dan berada di daerah Muara Kaman, Kalimantan Timur.

Pada sejarah, Kerajaan Kutai sering dikatakan sebagai kerajaan Hindu tertua di Indonesia.



Salah satu bukti keberadaan Kerajaan Kutai diketahui berdasarkan sumber sejarah berupa Prasasti Yupa yang menyebutkan nama Raja Kudungga sebagai orang pertama yang menduduki takhta Kutai.

Sepanjang eksistensinya, Kerajaan Kutai telah dipimpin banyak raja yang berbeda. Dihimpun dari berbagai sumber, Senin (25/3/2024), berikut ini daftarnya.

Daftar Raja Kerajaan Kutai


Keberadaan Kerajaan Kutai tak bisa dilepaskan dari nama Kudungga. Ia merupakan sosok yang sering disebutkan sebagai pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Kutai.



Setelah itu, tampuk kepemimpinan Kerajaan Kutai diteruskan oleh keturunan Raja Kudungga termasuk Aswawarman dan Mulawarman. Berikut daftar lengkap raja Kerajaan Kutai hingga keruntuhannya.

1. Maharaja Kudungga

2. Maharaja Aswawarman

3. Maharaja Mulawarman
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5200 seconds (0.1#10.140)