alexametrics

Kemendag Segera Renovasi Pasar Tradisional di Palu

loading...
Kemendag Segera Renovasi Pasar Tradisional di Palu
Sekretaris Jenderal Kemendag Karyanto Suprih dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (13/11/2018). Foto/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Gempa dan tsunami yang melanda Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) akhir September lalu telah merusak banyak fasilitas publik, termasuk pasar tradisional dan modern di daerah tersebut. Untuk itu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan segera merevitalisasi pasar yang rusak di Palu dan Donggala.

"Kita bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan merevitalisasi beberapa pasar yang rusak akibat gempa Palu. Dan ini bukan kita saja yang bangun tapi stakeholder yang lainnya juga," ujar Sekretaris Jenderal Kemendag Karyanto Suprih di Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Dia mengatakan, Kemendag juga akan membangun beberapa pasar tradisional dan modern di beberapa daerah lainnya di Indonesia. Hal itu dilakukan untuk mendorong pembangunan ekonomi daerah.



"Jadi tahun depan masih banyak yang kita bangun jadi memang target kita sudah sesuai dengan kesepakatan yang kita tetapkan," katanya.

Sebagai informasi, Data Kementerian Perindustrian tahun 2007 menyebutkan bahwa jumlah pasar tradisional mencapai 13.750 pasar. Namun, data Kementerian Perdagangan tahun 2011 sampai saat ini menunjukkan, dari sekitar 9.950 pasar tradisional, sebanyak 3.800 di antaranya telah lenyap.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak