alexametrics

Pelindo I Modernisasi Pelabuhan Tanjung Balai Asahan

loading...
Pelindo I Modernisasi Pelabuhan Tanjung Balai Asahan
Pelindo I memodernisasi Pelabuhan Tanjung Balai Asahan demi meningkatkan pelayanan. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) terus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa kepelabuhanan dengan menata dan mengembangkan pelabuhan yang dikelolanya. Salah satunya, dengan memodernisasi Pelabuhan Tanjung Balai Asahan.

"Pelindo I melakukan penataan Terminal Penumpang Teluk Nibung Tanjung Balai Asahan bagi kenyamanan para penumpang transportasi sejak tahun 2017. Saat ini pembangunannya sudah selesai dan sedang dalam proses pembuatan interior," ujar General Manager Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, Aulia Rahman Hasibuan dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Dia mengatakan, Terminal Penumpang Pelabuhan Teluk Nibung Tanjung Balai Asahan saat ini terdiri dari dua lantai dengan kapasitas mampu menampung sekitar 800 orang. Lantai 1 untuk area check in, bea cukai, imigrasi untuk kedatangan, ruang VIP, ruang karantina serta Lantai 2 untuk ruangan imigrasi untuk keberangkatan, ruang tunggu penumpang, dan coffee shop. Nantinya, pelabuhan ini juga akan dilengkapi dengan Teluk Nibung Food Court yang akan menyediakan berbagai macam makanan.



"Harapannya dengan penataan terminal penumpang ini bisa memberikan kenyamanan dan kemudahan sehingga juga semakin meningkatkan arus penumpang di pelabuhan ini," ujarnya.

Aulia mengatakan, arus penumpang hingga Oktober 2018 mencapai 52.028 orang yang naik turun melalui Pelabuhan Tanjung Balai Asahan dengan tujuan Port Klang dan Port Hutan Melintang, Perak.

Selain Terminal Penumpang, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan memiliki fasilitas gudang dan lapangan penumpukan. Pelabuhan ini juga melakukan layanan kargo dengan kegiatan utamanya ekspor sayuran dan ikan tujuan Malaysia.

"Ke depannya, kami akan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mempromosikan terminal penumpang baru ke market potensial dan juga kami akan meningkatkan kualitas layanan terminal melalui penataan ruangan pengaturan parkir. Dengan begitu, diharapkan Terminal Penumpang ini untuk bisa menjadi icon baru Kota Tanjung Balai Asahan dan meningkatkan pariwisata di Sumatera Utara," pungkasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak