alexametrics

Ekonom Prediksi BI Akan Menahan Suku Bunga Acuan

loading...
Ekonom Prediksi BI Akan Menahan Suku Bunga Acuan
Ekonom Indef memprediksi BI tetap mempertahankan suku bunga acuan. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudisthira, memprediksi bahwa Bank Indonesia (BI) akan mempertahankan suku bunga 7-day repo rate di 5,75%. Hal ini dikarenakan kenaikan cadangan devisa untuk menstabilkan rupiah.

"Faktornya melihat cadev yang naik ke USD115 miliar maka BI akan menggunakan cadev sebagai instrumen stabilisasi rupiah dibanding menaikkan kembali bunga acuan. Kurs rupiah saat ini relatif bisa terjaga di bawah Rp15.000 per USD," ujar Bhima saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Lanjutnya, dengan menahan suku bunga acuan akan meningkatkan kepercayaan diri pelaku pasar khususnya asing, dan mereka mulai masuk kembali ke pasar domestik.



"Satu bulan terakhir asing melakukan net buy di pasar modal mencapai Rp8,14 triliun. Ini sinyal positif," katanya.

Dia pun berharap BI lebih berani untuk melakukan ahead the curves sebelum The Fed menaikkan suku bunga pada bulan Desember, setidaknya ada adjustment 25 basis points. Hal ini untuk mencegah capital reversal pada bulan Desember mendatang.

"Antisipasi juga penting ditengah tren normalisasi moneter yang diperkirakan akan berlanjut hingga 2019. Bank Sentral G4 yakni ECB, BoJ dan Bank of Canada kemungkinan mengikuti langkah The Fed untuk menaikkan bunga acuan tahun depan," jelasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak