Bagaimana Rusia Meningkatkan Intelijen yang Solid dan Taktik Baru dalam Invasi ke Ukraina?

Sabtu, 06 April 2024 - 21:21 WIB
loading...
Bagaimana Rusia Meningkatkan Intelijen yang Solid dan Taktik Baru dalam Invasi ke Ukraina?
Rusia menggunakan intelijen yang solid dan taktik baru dalam invasi ke Ukraina. Foto/AP
A A A
MOSKOW - Ketika serangan Rusia menghantam pembangkit listrik Ukraina, seorang pekerja bernama Taras sedang bertugas di panel kontrol – sebuah tugas penting yang mengharuskan dia untuk tetap tinggal saat sirene serangan udara berbunyi dan rekan-rekannya berlari mencari keselamatan.

Setelah ledakan yang memekakkan telinga muncullah kepulan asap, kemudian kegelapan. Api berkobar, dan pecahan peluru menembus atap kompleks besar tersebut, menyebabkan puing-puing berjatuhan menimpa para pekerja. Mengikuti protokol, Taras menutup pembangkit listrik tenaga batu bara, jantungnya berdebar kencang.

Bagaimana Rusia Meningkatkan Intelijen yang Solid dan Taktik Baru dalam Invasi ke Ukraina?

Dalam serangan tanggal 22 Maret, Rusia melepaskan lebih dari 60 drone yang meledak dan 90 rudal di seluruh Ukraina – serangan terburuk terhadap infrastruktur energi negara tersebut sejak invasi skala penuh dimulai pada awal tahun 2022.

Serangan tersebut mencerminkan fokus baru Rusia dalam menyerang fasilitas energi Ukraina. Volume dan keakuratan serangan baru-baru ini telah membuat khawatir para pembela negara tersebut, yang mengatakan bahwa pasukan Kremlin kini memiliki intelijen yang lebih baik dan taktik baru dalam kampanye mereka untuk memusnahkan jaringan listrik Ukraina dan menghentikan perekonomiannya. Moskow juga tampaknya telah belajar bagaimana memanfaatkan celah dalam pertahanan udara Ukraina.

Karena semakin banyaknya serangan yang tidak dapat dihindari, para pejabat berupaya mencari cara untuk mempertahankan aset energi negara dengan lebih baik.

Serangan tanggal 22 Maret – yang menurut para analis menyebabkan 1,9 juta orang kehilangan aliran listrik – adalah salah satu serangan paling intens dalam kampanye udara musim semi Rusia yang menargetkan infrastruktur sipil.

DTEK, perusahaan energi swasta terbesar di Ukraina, kehilangan 80% kapasitas pembangkit listriknya akibat serangan pada tanggal 22 dan 29 Maret, kata perusahaan tersebut. Tanaman dihancurkan di seluruh negeri. Rusia juga menargetkan jaringan transmisi.

Pengeboman tersebut membuat sebagian besar wilayah Ukraina menjadi gelap gulita – tingkat kegelapan yang belum pernah terlihat sejak hari-hari pertama invasi besar-besaran. Serangan ini juga menguji kemampuan Ukraina untuk melakukan perbaikan secara cepat.

Associated Press diberi akses ke dua pembangkit listrik DTEK yang rusak dalam serangan 22 Maret dengan syarat nama dan lokasi fasilitas serta nama lengkap pekerja tidak disebutkan karena alasan keamanan. AP tidak diizinkan untuk memberikan rincian teknis kerusakan, termasuk jumlah rudal yang menyerang setiap pabrik atau apakah pabrik tersebut masih dapat berfungsi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)