Urai Kemacetan di Merak, Pemudik Tak Punya Tiket Dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan

Minggu, 07 April 2024 - 07:06 WIB
loading...
Urai Kemacetan di Merak, Pemudik Tak Punya Tiket Dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan
Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim menyebut pemudik yang belum memiliki tiket namun sudah menuju ke Pelabuhan Merak bakal dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan. Foto/MPI
A A A
BANTEN - Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim menyebut pemudik yang belum memiliki tiket namun sudah menuju ke Pelabuhan Merak bakal dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan. Keputusan itu diambil untuk mengurai kemacetan di Pelabuhan Merak. Keputusan tersebut sudah disepakati antara Polri, ASDP, Pemprov Banten, dan otoritas pelabuhan.

“Jadi bagi pemudik yang belum memiliki tiket tetap akan dilayani, jadi pemudik kan ada tuh yang biasanya go show tuh dia tetap berangkat tidak membeli tiket terlebih dahulu begitu sampai sini ternyata tiket habis, tidak dijual. Nah ini kebijakan kami dengan pemerintah daerah termasuk instansi ASDP dan pengelola pelabuhan, semuanya kita sepakat,” kata Abdul Karim, Minggu (7/4/2024) dini hari.

Karim menyebut pemudik yang sudah terlanjur jalan atau berada di buffer zone dan tidak memiliki tiket akan tetap dilayani. Tetapi, hal itu akan dilakukan di Pelabuhan Ciwandan.



“Jadi pemudik yang sudah berjalan, sudah berada di buffer zone dan tidak memiliki tiket kita berikan pelayanan untuk penjualan tiket, namun keberangkatannya itu tidak melalui Merak tapi nanti kita lakukan pemuatannya nanti melalui Pelabuhan Ciwandan,” ujarnya.

Karim menambahkan, ada beberapa pemudik yang memaksa melakukan perjalanan mudik tanpa memiliki tiket terlebih dahulu. Untuk itu, polisi hingga otoritas pelabuhan bersepakat untuk tetap melayani pemudik tersebut.



“Secara resmi memang informasi tiket sold out, habis namun demikian kami dari dari pemerintah dan instansi terkait, pelayanan ASDP dan sebagainya memberikan kesepakatan kita bisa memberikan solusi hanya pemudik yang sudah terlanjur ada di buffer zone yang sudah melakukan perjalanan itu akan kita berikan pelayanan pembelian tiket secara langsung,” ungkapnya.

Karim mengimbau agar seluruh pemudik yang belum memiliki tiket untuk tidak melakukan perjalanan sehingga tidak terjadi penumpukan.

“Saya mengimbau juga bagi pemudik yang masih ada di rumah yang belum melakukan perjalanan ke Merak saat ini dan belum memiliki tiket sebaiknya jangan dulu ke Pelabuhan Merak, beli tiket dulu baru menuju ke pelabuhan, jangan go show artinya dari rumah ya udah sekalian beli tiket Merak saja, di rest area banyak,” jelas dia.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2323 seconds (0.1#10.140)