Perusahaan Sepatu Malaysia Minta Maaf karena Membuat Sepatu High Heels dengan Logo Bertuliskan Lafaz Allah

Senin, 08 April 2024 - 15:55 WIB
loading...
Perusahaan Sepatu Malaysia Minta Maaf karena Membuat Sepatu High Heels dengan Logo Bertuliskan Lafaz Allah
Perusahaan sepatu Verns di Malaysia membuat logo berlafaz Allah. Foto/AP
A A A
KUALA LUMPUR - Sebuah perusahaan sepatu Malaysia telah meminta maaf dan berhenti menjual beberapa alas kaki mereka setelah beberapa umat Islam mengatakan logo tersebut menyerupai tulisan berlafaz Allah.

Vern’s Holdings mengatakan logo yang tertera di sol beberapa sepatu hak tinggi menggambarkan siluet tumit stiletto dengan balutan spiral di pergelangan kaki. Namun diakui bahwa kekurangan dalam desain mungkin menyebabkan logo disalahartikan. Dikatakan bahwa pihaknya segera bertindak untuk menghentikan penjualan sepatu tersebut dan memberikan pengembalian uang kepada pelanggan yang membelinya.

“Kami sama sekali tidak berniat merancang logo yang bertujuan meremehkan atau menghina agama atau kepercayaan apa pun,” kata Vern’s dalam pernyataan yang diposting di media sosial, dilansir AP. “Manajemen dengan rendah hati ingin meminta maaf dan memohon pengampunan. Kami mengharapkan belas kasihan sehingga kami dapat memperbaiki kesalahan ini.”

Kontroversi ini menyusul kehebohan bulan lalu atas kaus kaki yang bertuliskan kata “Allah” di rak-rak toko swalayan besar di Malaysia. Pemilik KK Mart dan perwakilan dari salah satu pemasoknya pada tanggal 26 Maret didakwa menyinggung perasaan keagamaan umat Islam, dan beberapa toko diserang dengan bom bensin kecil. Tidak ada korban luka yang dilaporkan.

Agama adalah isu sensitif di Malaysia, di mana umat Islam merupakan dua pertiga dari total populasi 34 juta jiwa, dengan sebagian besar etnis Tionghoa dan India merupakan minoritas. “Allah,” kata Arab untuk Tuhan, dianggap suci bagi umat Islam di Malaysia dan banyak yang menganggap kata tersebut tidak pantas jika dikaitkan dengan kaki.

Masalah ini terungkap setelah postingan kritis di media sosial menyoroti kemiripan logo tersebut. Otoritas agama dan polisi mengatakan mereka sedang menyelidiki masalah ini setelah menerima keluhan dari masyarakat.

Sementara itu, ketegangan masih terjadi terkait kasus sebelumnya. KK Mart Group, jaringan toko serba ada terbesar kedua di negara tersebut, mengatakan bahwa pemasok mengirimkan barang yang tidak disetujui oleh perusahaan untuk disimpan.



Pendiri perusahaan pemasok tersebut mengatakan kaus kaki tersebut diimpor dari China sebagai bagian dari pengiriman dalam jumlah besar dan meminta maaf karena ceroboh dalam pemeriksaan.

Pemimpin sayap pemuda partai nasionalis Melayu di pemerintahan Malaysia telah mendesak agar rantai tersebut diboikot dan sedang diselidiki atas dugaan penghasutan atas postingan di media sosial yang menunjukkan dia sedang memegang pedang. Para pengkritik mengatakan partai tersebut berusaha menarik dukungan etnis Melayu setelah kekalahan besar dalam pemilu lalu.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)