Raja Properti Dunia dengan Kekayaan Melimpah

Rabu, 21 November 2018 - 10:44 WIB
Raja Properti Dunia dengan Kekayaan Melimpah
Raja Properti Dunia dengan Kekayaan Melimpah
A A A
INDUSTRI properti menjadi salah satu bisnis paling menjanjikan di dunia. Oleh karena itu banyak orang mencoba peruntungan di ceruk bisnis ini untuk menimbun pundi-pundi kekayaan.

Berikut 11 pengusaha properti kakap yang memiliki kekayaan besar di dunia.
Raja Properti Dunia dengan Kekayaan Melimpah

1. Li Ka Shing (USD30 miliar/Hong Kong)
Perusahaannya mempekerjakan lebih dari 310.000 orang di lebih dari 50 negara. Saat ini, Li Ka Shing telah mengalihkan sebagian besar fokusnya ke Eropa, di mana dia menginvestasikan lebih dari USD28 miliar selama lima tahun.

Li percaya bahwa krisis politik akan bersifat sementara dan hargaproperti pada akhirnya akan naik, dan membeli tanah dari penduduk yang melarikan diri dengan harga rendah pada 1958.

Pada 1971, Li secara resmi menamai perusahaan pengembang real estatenya Cheung Kong. Cheung Kong Holdings tercatat di Bursa Hong Kong pada tahun 1972. Selama rapat dewan, Li menyatakan dalam beberapa kesempatan, tujuannya untuk melampaui Hong Kong milik Jardines sebagai pengembang terkemuka.
Raja Properti Dunia dengan Kekayaan Melimpah

2. Lee Shau Kee (USD28,3 miliar/Hong Kong)
Taipan properti Lee Shau Kee memiliki kekayaan sebesar USD28,3 miliar atau sekitar Rp382,43 triliun menurut Forbes. Jika dirunut ke belakang, Shau Kee tumbuh di keluarga miskin yang hanya mampu makan ikan atau daging dua kali dalam sebulan.

Dia kemudian turut mendirikan perusahaan pengembang properti Sun Hung Ka dengan Kwak Tak-Seng, ayah dari miliarder Kwok bersaudara. Lee Shau Kee memimpin Henderson Land Development, sebuah perusahaan investor di Pusat Keuangan Internasional Hong Kong yang ikonik. Perusahaan ini memiliki banyak proyek utamanya meliputi Henderson Metropolitan di sepanjang Nanjing West Road dekat the Bund di Shanghai
Raja Properti Dunia dengan Kekayaan Melimpah

3. Wang Jianlin (USD25,3 miliar/ China)
Pemimpin Dalian Wanda Group, salah satu pengembang real estate komersial terbesar di dunia dengan lebih dari 200 plaza di China ini, memiliki kekayaan USD25,3 miliar atau Rp341,89 triliun.

Wang membalikkan dorongan besar ke dalam pariwisata dan hotel dengan menumpahkan aset senilai USD9,3 miliar di dua industri pada pertengahan 2017. Wang's Wanda Film Holding mengoperasikan salah satu rangkaian bioskop-bioskop terbesar di China. Melayani militer China pada periode 1970-1986 sebelum beralih ke usaha real estate pemerintah, Wang Jianlin kemudian terjun ke bisnis sendiri pada tahun 1989.
Raja Properti Dunia dengan Kekayaan Melimpah

4. Thomas dan Raymond Kwok (USD17,4 miliar/Hong Kong)
Hingga 26 Desember 2017, kekayaan keduanya tercatat sebesar USD17,4 miliar atau Rp235,14 triliun. Dengan Thomas dijatuhi hukuman 5 tahun penjara pada tahun 2014 karena penyuapan dan kakak laki-laki tertua, Walter, keluar dari perusahaan, dengan sendirinya, Raymond, sekarang adalah satu-satunya ketua Sun Hung Kai Properties.

Kwok Brother mewarisi perusahaan publik setelah kematian ayah mereka, Kwok Tak-seng, pada tahun 1990. Sebagian besar investasinya ada di Hong Kong, seperti International Commerce Centre, gedung pencakar langit tertinggi di kota ini, dan International Finance Centre. Bisnis propertinya juga berkembang di China.
Raja Properti Dunia dengan Kekayaan Melimpah

5. Donald Bren (USD16,3 miliar/Amerika Serikat)
Dengan kekayaan USD16,3 atau Rp220,28 triliun, Donald Bren dinobatkan sebagai pengembang properti terkaya di Amerika Serikat. Perusahaannya yang bernama Irvine Co., memiliki 115 juta kaki persegi real estate, paling banyak di California Selatan. "Dinasti" yang dibangunnya ini meliputi 500 gedung kantor, 40 pusat perbelanjaan, dan sekitar 60.000 unit apartemen.
Raja Properti Dunia dengan Kekayaan Melimpah

6. Joseph Lau (USD15,1 miliar/Hong Kong)
Lau adalah seorang taipan properti yang memiliki kekayaan sebanyak USD15,1 miliar atau Rp204 triliun. Proyeknya meliputi perkantoran, mal, dan perumahan di beberapa area komersial termasuk Causeway Bay dan Wanchai.

Pada Maret 2017, ia mentransfer 75% kepemilikan sahamnya kepada istri terbaru dan seorang anak. Hal ini dilakukan Lau karena isu serius tentang kesehatannya. Pria berusia 66 tahun ini berada di peringkat 69 Orang Terkaya di Dunia versi Forbes dan 4 terkaya di Hong Kong. Lau terbukti bersalah atas upaya pencucian uang dan dihukum selama 5 tahun sejak 2014.
Raja Properti Dunia dengan Kekayaan Melimpah

7. Cheng Yu-Tung (USD14,4 miliar/Hong Kong)
Cheng Yu-Tung adalah salah satu miliarder terkaya di Hong Kong. Dia memiliki minat luas di pasar real estate dan telah melakukan investasi besar di wilayah Hong Kong dan Macau.

Dia memulai kariernya dengan bisnis perhiasan yang telah berkembang menjadi Chai Tai Took Enterprises. Konglomerat internasional ini sekarang mengoperasikan hotel Sheraton Marina dan juga mengontrol Grup Dunia Baru yang terdaftar secara publik.
Raja Properti Dunia dengan Kekayaan Melimpah

8. David & Simon Reuben (USD13,7 miliar/Inggris Raya)
The Reubens memulai karier mereka dengan membuat investasi besar-besaran di pasar logam Rusia dan kemudian menjadi pembuat aluminium terbesar ketiga di dunia. Mereka menciptakan kekayaan dengan menjual semua aset Rusia mereka ketika kondisi pasar tidak bagus pada waktu itu.

Setelah itu, mereka benar-benar fokus pada perluasan kegiatan bisnis mereka di seluruh Inggris, terutama di pasar real estate. Mereka mencapai kesepakatan dan membeli Metro International dari Goldman Sachs pada 2014 dan juga membeli bisnis pusat data, Global untuk memenuhi permintaan di industri cloud computing.
Raja Properti Dunia dengan Kekayaan Melimpah

9. Gerald Cavendish Grosvenor (USD12,6 miliar/Inggris Raya)
Dia adalah seorang pemilik tanah terkenal, pengusaha dan juga sebelumnya seorang perwira Angkatan Darat Teritorial Inggris. Selain itu, ia juga memegang pangkat bergengsi sebagai raja kerajaan sebagai Duke of Westminster keenam yang kekayaan bersihnya diperkirakan lebih dari Ratu Elizabeth.

Gerald Cavendish Grosvenor mengepalai kelompok properti pribadi dan menyimpan ratusan ribu hektare lahan di seluruh wilayah Inggris. Dia memiliki sekitar 190 ha properti di Belgravia, tepat di seberang Istana Buckingham yang dianggap sebagai salah satu lingkungan paling mahal di London.
Raja Properti Dunia dengan Kekayaan Melimpah

10. Robert & Philip NG (USD9,6 miliar/Singapura)
Ng Teng Feng-yang merupakan ayah keduanya membuat investasi besar dalam properti real estate komersial dengan menciptakan lebih dari 700 hotel dan mal di Asia. Mereka juga mengumpulkan sejumlah besar kekayaan melalui investasi real estate di pasar Hong Kong dan Singapura.

Sayangnya, Grup Sino mereka harus menanggung kerugian sekitar USD1 miliar karena kondisi pasar yang buruk beberapa tahun lalu. Akibatnya, mereka memfokuskan perhatian mereka ke pasar Australia dan melakukan investasi besar di sana dan kembali ke Singapura. Saat ini, mereka telah melakukan investasi lebih dari USD300 juta di hotel-hotel di seluruh wilayah Singapura.
Raja Properti Dunia dengan Kekayaan Melimpah

11. Pan Sutong (USD8,6 miliar/Hong Kong)
Goldin Group adalah konglomerat internasional yang beroperasi di Hong Kong, China, Eropa dan Amerika Serikat. Pan Sutong adalah CEO perusahaan ini. Bisnis inti mereka terutama berpusat di sekitar elektronik konsumen, pengembangan real estate, anggur dan jasa keuangan.

Pan Sutong menimbun kekayaannya dari sahamnya di Goldin Financial Holdings. Dia memulai kariernya dengan berdagang di beberapa merek elektronik yang dikenal seperti Panasonic, Sutong. Kemudian ia menjadi pendiri Matsunichi Digital Holdings Ltd - yang saat ini dikenal sebagai raksasa real estate besar seperti Goldin Properties Holdings Ltd.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6446 seconds (0.1#10.140)