Waspadai Ancaman Serangan dari Musuh Bebuyutan, Korea Selatan Luncurkan Satelit Mata-mata Kedua

Senin, 08 April 2024 - 16:29 WIB
loading...
Waspadai Ancaman Serangan dari Musuh Bebuyutan, Korea Selatan Luncurkan Satelit Mata-mata Kedua
Korea Selatan meluncurkan satelit mata-mata untuk mengantisipasi perang nuklir. Foto/AP
A A A
SEOUL - Korea Selatan telah berhasil meluncurkan satelit mata-mata militer keduanya ke orbit, beberapa hari setelah Korea Utara menegaskan kembali rencananya untuk meluncurkan beberapa satelit pengintaian tahun ini.

Kedua Korea masing-masing meluncurkan satelit mata-mata pertama mereka tahun lalu – Korea Utara pada bulan November dan Korea Selatan pada bulan Desember – di tengah meningkatnya permusuhan. Mereka mengatakan satelit mereka akan meningkatkan kemampuan mereka untuk memantau satu sama lain dan meningkatkan kemampuan serangan rudal mereka sendiri.

Satelit mata-mata kedua Korea Selatan diluncurkan dari Kennedy Space Center di Florida pada Minggu malam waktu setempat, yaitu Senin pagi di Seoul.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan pihaknya mengonfirmasi bahwa satelit tersebut memasuki orbit dan berkomunikasi dengan stasiun bumi di luar negeri setelah terpisah dari roket.

“Dengan keberhasilan peluncuran satelit mata-mata militer kedua, militer kami telah memperoleh kemampuan pengawasan independen tambahan dan semakin memperkuat kemampuan ‘rantai pembunuh’ kami,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Jeon Ha Gyu kepada wartawan, mengacu pada kemampuan serangan rudal pencegahan militer.

Berdasarkan kontrak dengan SpaceX, Korea Selatan akan meluncurkan lima satelit mata-mata pada tahun 2025. Peluncuran satelit mata-mata pertama Korea Selatan pada 1 Desember dilakukan dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg di California.



Korea Selatan pada tahun 2022 menjadi negara ke-10 di dunia yang berhasil meluncurkan satelit dengan teknologinya sendiri dengan menggunakan roket buatan dalam negeri untuk menempatkan apa yang disebutnya “satelit observasi kinerja” di orbit. Namun para ahli mengatakan penggunaan roket SpaceX untuk meluncurkan satelit mata-mata adalah hal yang ekonomis dan Korea Selatan memerlukan lebih banyak peluncuran untuk memastikan keandalan roket.

Korea Utara juga berkeinginan untuk memperoleh jaringan pengawasan berbasis ruang angkasanya sendiri untuk mengatasi apa yang mereka sebut sebagai ancaman militer yang ditimbulkan oleh Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Setelah dua kegagalan peluncuran pada awal tahun 2023, Korea Utara menempatkan satelit mata-mata Malligyong-1 ke orbit pada 21 November. Korea Utara sejak itu mengatakan satelitnya telah mengirimkan citra dengan pemandangan luar angkasa dari situs-situs utama di AS dan Korea Selatan, termasuk White Rumah dan Pentagon. Namun Korea Utara belum merilis satupun foto satelit tersebut, dan para ahli asing meragukan apakah satelit Korea Utara dapat mengirimkan gambar yang bermakna secara militer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0975 seconds (0.1#10.140)