Sri Mulyani: Pergerakan Rupiah Sulit Diprediksi

Rabu, 21 November 2018 - 21:57 WIB
Sri Mulyani: Pergerakan Rupiah Sulit Diprediksi
Sri Mulyani: Pergerakan Rupiah Sulit Diprediksi
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) kembali melemah setelah pekan lalu menguat tajam. Terkait ini, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, mengungkapkan nilai tukar rupiah selalu bergerak fluktuatif sehingga pergerakan rupiah sulit diprediksi.

"Pergerakan suku bunga dan nilai tukar rupiah menjadi tantangan yang tidak mudah. Karena pergerakannya fluktuatif. Tapi saya optimis bahwa kita mampu menghadapi berbagai tantangan yang ada," ujarnya, Rabu (21/11/2018).

Sri Mulyani menambahkan, dan di tahun 2019 depan, ekonomi Indonesia akan menghadapi tantangan yang tidak mudah seperti tahun ini. Namun, bukan berarti tidak bisa dilewati. Sri Mulyani mengaku optimis bisa melewatinya, terbukti dengan bisa menjaga APBN 2018 berada di jalur yang baik.

Dan menyambut tahun 2019 yang merupakan tahun politik serta dinamika yang besar di lingkup domestik dan global, Sri Mulyani mengatakan hal ini membuat penyusunan APBN 2019 lebih menantang.

Dengan APBN 2019 yang akan sangat menantang, kata dia, apa yang telah diputuskan pemerintah bersama DPR, mungkin akan mengalami tekanan dan dinamika. Diantaranya pertumbuhan ekonomi, suku bunga, harga minyak, nilai tukar, dan jumlah SDA yang bisa diproduksi untuk tingkatkan penerimaan negara.

Namun hal tersebut tidak akan menyurutkan dirinya. "Insya Allah, APBN 2019 kita jaga secara baik dan berakhir dengan kinerja yang baik, baik dihitung dari penerimaan perpajakan maupun PNBP, dan kinerja belanja serta pembiayaan," tegasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7364 seconds (0.1#10.140)