Jangan Telalu Banyak Konsumsi Makanan Khas Lebaran, Obesitas Bisa Mempercepat Penuaan di Otak

Rabu, 10 April 2024 - 01:21 WIB
loading...
Jangan Telalu Banyak Konsumsi Makanan Khas Lebaran, Obesitas Bisa Mempercepat Penuaan di Otak
Kita semua telah diperingatkan bahwa obesitas picu penyakit kardiovaskular dan diabetes. Jadi, Lebaran ini, ada baiknya membatasi asupan makanan. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA - Kita semua telah diperingatkan bahwa obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes. Namun menurut penelitian baru, hal ini juga bisa memengaruhi otak. Jadi, di momen Lebaran ini, ada baiknya Anda membatasi asupan makanan yang memicu obesitas.

Obesitas mempengaruhi lebih dari 40 persen orang Amerika, menurut data 2017 hingga 2020 oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.



Bahkan dengan gaya hidup yang cukup aktif, kelebihan berat badan yang terkait dengan obesitas dapat menyebabkan penumpukan bahan lemak di pembuluh darah, yang dapat merusak sistem peredaran darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Selain masalah kardiovaskular, penelitian sebelumnya juga menunjukkan hubungan kuat antara obesitas di usia paruh baya dan peningkatan risiko penurunan kognitif dan demensia di kemudian hari. Namun, mekanisme yang mendasari hubungan ini masih menjadi misteri sampai sekarang.

Dalam sebuah studi baru dari Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Oklahoma, para peneliti menyelidiki bagaimana berat badan yang tinggi dan diet tinggi lemak dapat mempengaruhi aliran darah ke otak dan kinerja memori pada tikus tua yang mengalami obesitas.

Untuk menentukan metrik ini, tim mengukur tingkat penuaan sel di otak tikus—dengan kata lain, berapa banyak sel yang berhenti membelah dan membuat sel baru.

Penuaan sel meningkat seiring bertambahnya usia dan berkontribusi terhadap berbagai penyakit terkait usia. Oleh karena itu, mengukur keberadaan sel-sel penuaan ini dapat memberi kita indikasi yang baik mengenai “usia biologis” suatu organ atau jaringan tertentu.

“Obesitas dapat menyebabkan sel-sel di pembuluh darah otak menua lebih cepat dan mencapai penuaan,” kata Sharon Negri, penulis pertama studi tersebut dan peneliti pascadoktoral di laboratorium Stefano Tarantini, Ph.D., di Departemen Bedah Saraf di Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Oklahoma.

“Jika ada hubungan antara obesitas dan penuaan sel, hal ini dapat membuka jalur penyelidikan baru yang bertujuan untuk mengeksplorasi jalur terapi untuk mencegah atau memperlambat perkembangan penuaan, dengan potensi untuk mengurangi masalah kesehatan terkait obesitas, termasuk penurunan kognitif," ucap dia lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)