Ini Pesan Sri Mulyani Kepada Penerima Beasiswa di Kemenkeu

Kamis, 22 November 2018 - 22:35 WIB
Ini Pesan Sri Mulyani Kepada Penerima Beasiswa di Kemenkeu
Ini Pesan Sri Mulyani Kepada Penerima Beasiswa di Kemenkeu
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengingatkan arti penting institusi Kementerian Keuangan bagi berdirinya Republik Indonesia. Sejak awal kemerdekaan, kehadiran Kementerian Keuangan merupakan keinginan NKRI untuk menjadi negara yang berdaulat penuh di bidang ekonomi, salah satunya penggunaan mata uang sendiri menggantikan mata uang penjajah.

"Jadi, kita adalah kunci dari bagian proses kedaulatan Republik Indonesia. Jangan pernah lupakan itu. Itu adalah fundamental," ujar Menkeu pada Seminar Alumni Beasiswa Kementerian Keuangan di Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Lebih lanjut, Sri Mulyani mengatakan menjadi institusi yang penting, berarti Kemenkeu memiliki tanggung jawab yang besar. Maka dari itu, dirinya senang bahwa Kementerian Keuangan melaksanakan tanggung jawab dengan terus berupaya memperbaiki kualitas manusia, diantaranya melalui pemberian beasiswa.

"Saya senang bahwa Kementerian Keuangan sebagai institusi yang penting di republik ini terus fokus memperbaiki aset yang paling penting dari institusi, aset itu adalah manusianya," terang Sri Mulyani.

Oleh karena itu, ia meminta para penerima beasiswa di Kementerian Keuangan sebagai aset institusi untuk terus meningkatkan nilai tambahnya. Perempuan kelahiran Bandar Lampung ini berharap, para penerima beasiswa untuk selalu meningkatkan nilai diri dan nilai institusi, dan bukan sebaliknya.

Sri Mulyani menambahkan, para pegawai penerima beasiswa ini seharusnya dapat menjadi barang publik sebagaimana istilah dalam teori ekonomi, yaitu menjadi pegawai yang dapat memberikan manfaat kepada publik atau masyarakat.

"Meskipun Anda sebagai individu, Anda adalah private entity. Tapi Anda bisa menciptakan public goods kalau bisa memperbaiki lingkungan dan masyarakat. Value Anda menjadi sangat besar," tambahnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4767 seconds (0.1#10.140)